Rakerdasus-Bupati

Yunus Wonda : Bangun Papua Harus Dengan Ide Brilian

Rakerdasus-BupatiSuasana Rakerdasus Bupati/Wali Kota Se-Papua (Jubi/Alex)Jayapura (29/5) — Wakil Ketua I Dewan Perwakilan Rakyat Papua (DPRP) Yunus Wonda mengatakan, untuk membangun wilayah paling timur di Indonesia ini, membutuhkan ide-ide yang brilian. Pasalnya Provinsi Papua penuh dengan masalah, sehingga hanya dengan ide cemerlang saja pembangunan bisa terwujud.

 

“Membangun Papua harus dengan ide yang brilian dan harus gila-gilaan,” kata Yunus Wonda dalam arahannya saat Rapat Kerja Daerah Khusus (Rakerdasus) Bupati/Wali kota se Papua, yang berlangsung di Sasana Krida Kantor Gubernur Dok II Jayapura, Rabu, (29/5).

 

Untuk mewujudkan Papua yang mandiri dan sejahtera, ujar Yunus Wonda, semua kelompok masyarakat yang tinggal di Papua harus turut mendukung visi dan misi Gubernur Lukas Enembe dan Wakil Gubernur Papua Klemen Tinal, yakni Papua Bangkit, Mandiri dan Sejahtera.

 

Pada kesempatan itu juga, Yunus Wonda juga minta kepada pihak perhotelan yang berdiri di atas tanah Papua untuk ikut membangun Papua dan juga meningkatkan perekonomian Papua. Pasalnya selama ini perhotelan murni bisnis.

 

“Kami melihat perhotelan yang ada di Papua murni bisnis, tidak ikut mendorong ekonomi Papua. Saya mencontohkan, sayur dan ikan semua didatangkan dari luar Papua, padahal, ikan dan sayur di Papua banyak dan segar-segar. Sementara Perhotelan di Papua masih datangkan sayur dan ikan dari Jawa,” tukasnya.

 

Hal yang sama dilontarkan Ketua Majelis Rakyat Papua Matius Murib, dimana dirinya menghimbau kepada seluruh masyarakat dan komponen lainnya yang hidup di atas tanah Papua untuk ikut bersama berpartisipasi mendukung visi dan misi Gubernur Papua, untuk membangun Papua lima tahun kedepan.

 

“12 tahun Otsus ada di tanah Papua, disamping itu banyak persepsi yang disampaikan ke publik, selama otsus ada perubahan dan juga otsus gagal serta Papua masih tertinggal jauh dari daerah lain. Pasti semua pihak punya persepsi masing-masing, tetapi keberadaan Otsus di Papua belum sesuai dengan harapan dari masyarakat Papua,” katanya.

 

Oleh karena itu, ujar Matius Murib, dengan adanya Rakerdasus bupati/Wali kota se Papua, seluruh jajaran pemerintahan harus manfaatkan dengan baik. “Karena, kesempatan Presiden Susilo Bambang Yudhayono memberikan Otsus pluss, berarti kita diberikan kewenangan khusus, kewenangan inilah yang akan kita susun dan berikan kepada presiden,” tambahnya.

 

Dia menilai, meskipun tanah Papua terkenal dengan daerah yang memiliki sumber daya alam yang melimpah seperti banyak tambang, emas dan hasil bumi lainnya, namun sampai hari ini masyarakat Papua masih saja miskin di atas tanahnya sendiri.

 

“Tanah Papua sangat kaya dan telah memberikan makan banyak Negara, tapi sampai hari ini rakyat Papua masih miskin di atas tanahnya sendiri. Untuk itu, sudah saatnya kita hentikan perbendaan pendapat, dan kita bersatu untuk membangun Papua di era kepemimpinan Gubernur Lukas Enembe dan Wakil Gubernur Klemen Tinal. Jangan lagi mengatas namakan Papua untuk pergi ke Jakarta untuk minta-minta uang, hentikan cara-cara seperti itu, kita harus bersatu untuk bangun Papua,” kata Matius Murib dengan tegas.(Jubi/Alex)

 

Sumber: http://tabloidjubi.com/2013/05/30/yunus-wonda-bangun-papua-harus-dengan-ide-brilian/

Scroll to Top