dubes swiss

Wakil Dubes Swiss Dukung Dialog di Papua

dubes swissWakil Dubes Swiss (ketiga dari kanan) ketika mendengarkan penjelasan Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Papua, T.E.A Herry Dosinaen di ruangan Sekda kemarin.(Foto doc:sulpa) Jayapura (Sulpa)– Wakil Duta Besar (Dubes) Swiss untuk Indonesia Mr. Daniel Derzic mendukug adanya dialog di Papua. Hal ini dikatakannya dalam kunjungan di Kantor Gubernur Papua, Jalan Soa Siu, Kota Jayapura, Senin (5/5/2014).

 

Ia menilai banyak potensi yang belum diterapkan oleh Pemerintah Provinsi Papua, sehingga dialog dianggap penting. Dengan dialog, kata dia, sudah ada tugas pokok dan fungsi masing-masing, seperti Majelis Rakyat Papua (MRP) yang mengatur pembangunan dengan pendekatan budaya. Ia juga menambahkan, masyarakat Papua masih tertinggal, pada hal di Indonesia sudah ada 3500 invenstor yang masuk.

 

Mr. Daniel  sangat mengagumi keindahan alam Papua. Ia bahkan membandingkan keindahan alam Papua dengan Swiss, negara asalnya di Eropa itu.Menurut Sekretaris Daerah Provinsi Papua T.E.A Herry Dosinaen, dialog bukan solusi untuk menyelesaikan pembangunan di Papua.“Jadi, yang paling terpenting ini adalah pembangunan Papua perlu dilakukan persuasive, pembangunan dengan hati. Sebab masalah dialog itu menjadi tanggung jawab MRP, bukan penanganan pemerintah,” ujarnya.

 

Ia mengakui jika MRP merupakan fasilitator dari representasi kultur orang asli Papua. Ia menambahkan, jika dialog yang dimaksud wakil dubes berbau politis, maka tak mungkin dilakukan sebab sudah dilakukan Otonomi Plus dengan pembagian dana kepada 29 kabupaten dengan alokasi 80 persen ke kabupaten/kota dan 20 persen untuk provinsi.(A/ISM/R3/LO1)

 

Sumber:http://suluhpapua.com/read/2014/05/06/wakil-dubes-swiss-dukung-dialog-di-papua/

Scroll to Top