dr-neles-tebay

UP4B Diharapkan Buka Dialog Jakarta-Papua

dr-neles-tebayJAYAPURA, KOMPAS.com- Penunjukan Bambang Dharmono untuk memimpin Unit Percepatan Pembangunan Provinsi Papua dan Papua Barat mendapat apresiasi positif. Lahirnya unit ini diharapkan dapat mendorong proses dialog Papua-Jakarta untuk mencari solusi guna menuntaskan berbagai persoalan di Papua.

 

Koordinator Jaringan Damai Papua, Neles Tebay, menyambut baik inisiatif Presiden menunjuk Bambang Dharmono memimpin Unit Percepatan Pembangunan Provinsi Papua dan Papua Barat (UP4B).

 

Penunjukan ini memperlihatkan niat baik dan serius dari pemerintah pusat untuk menyelesaikan berbagai persoalan Papua dan membangun Papua secara keseluruhan.

 

Kehadiran UP4B, menurut Neles, penting untuk mendorong terwujudnya dialog Jakarta-Papua. “Kami berharap Pak Bambang dapat mengurus Papua sesuai kondisi budaya, geografis, dan sosial politik di Papua,” ungkap Neles.

 

Dengan dibentuknya UP4B dan penunjukan Bambang, orang Papua kini tahu siapa yang harus diajak berdialog tentang persoalan-persoalan di Papua. Unit ini diharapkan juga bisa menampung dan mengakomodasi suara dan aspirasi masyarakat Papua. “Ini bisa menjadi perantara dan saluran komunikasi yang baik antara pusat dan Papua,” ujarnya.

 

UP4B, tutur Neles, diharapkan bisa mengidentifikasi kelompok-kelompok di P apua, selanjutnya segera membangun komunikasi konstruktif maupun memfasilitasi dialog-dialog bersama. “Dialog itu berguna untuk mencari solusi persoalan secara komprehensif,” katanya.

 

Erwin Edhi Prasetyo | Marcus Suprihadi | Rabu, 2 November 2011 | 08:25 WIB

 

http://nasional.kompas.com/read/2011/11/02/08251340/UP4B.Diharapkan.Buka.Dialog.Jakarta-Papua

Scroll to Top