Tjahjo: Propaganda Oknum Buat Papua kembali Mencekam

Metrotvnews.com, Jakarta: Anggota Komisi I DPR Tjahjo Kumolo menegaskan masalah di Papua amat kompleks. Aparat keamanan belum berkoordinasi dengan baik. Padahal, dalam beberapa hari terakhir ada elemen masyarakat yang membuat situasi di sana mencekam.

 

“Saya kira TNI dan kepolisian harus kompak mengusut masalah ini secara serius kalau tidak akan merugikan institusi TNI khususnya,” kata Tjahjo kepada metrotvnews.com, Jumat (8/6). Tjahjo saat ini berada di Papua.

 

Pernyataan Tjahjo menanggapi situasi Papua yang kembali memanas setelah rangkaian penembakan oleh orang tak dikenal. Terakhir terjadi penembakan terhadap tiga orang warga.

 

Tjahjo menjelaskan, tim Komisi I DPR kini berkunjung ke Papua. Meski bukan anggota tim, Tjahjo memantau langsung kondisi di Papua. Tjahjo menengarai bukan oknum TNI atau Polri , bukan pula ada kelompok masyarakat Papua yang ingin merdeka, yang membuat kondisi Papua kembali mencekam.

 

“Ini indikasinya hanya propaganda oknum tertentu dengan kepentingan kelompok kecil yang menyudutkan masyarakat Papua,” kata Sekjen DPP PDI Perjuangan ini.

 

Karena itu, Tjahjo menyarankan pemerintah pusat melalui instruksi Presiden membentuk tim untuk turun total di Papua dengan melibatkan intelijen dan aparat keamanan. Mereka musti mengusut penembakan hingga tuntas. Bila perlu, mereka berkantor di Papua. Papua membutuhkan pemimpin yang tidak sekadar berkuasa di Papua, tapi pemimpin yang berkeadilan.

 

“Penegakan hukum harus obyektif dan berkeadilan dan menghargai masyarakat Papua secara terbuka dengan reward dan punishment yang adil,” ujar Tjahjo. (Andhini)

 

Sumber: http://www.metrotvnews.com/read/news/2012/06/08/94028/Tjahjo-Propaganda-Oknum-Buat-Papua-kembali-Mencekam/1

Scroll to Top