theo van der broekjubibenny

Theo van der Broek : “Dialog Jakarta-Papua, Semua Hanya Bicara-Bicara Saja”

theo van der broekjubibennyJayapura (12/6)—Penyelesaian konflik Papua melalui komunikasi damai menjadi buah bibir semua pihak, baik pemerintah, tokoh masyarakat, tokoh agama di Indonasia maupun Papua, namun belum sampai kepada tindakan penyelesaian. Semua baru sampai pada tahap pembicaraan.

 

Pernyataan itu disampaikan Theo Van Der Broek, ketua Dewan Pembina, Sesi KPKC Fransiskan Papua kepada tabloidjubi.com, Selasa (12/6) di ruang kerjanya, di Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua

 

“Semua pihak bicara penyelesaian damai. Tokoh Gereja-gereja dari Papua bertemu presiden beberapa waktu lalu di awal tahun ini. Dalam pertemuan ini, presiden menyatakan dialog untuk menyelesaikan masalah Papua,” kata mantan direktur SKP keuskupan Jayapura ini.

 

Menurut Theo, semua proses penyelesaian itu disampaikan kepada wakil presiden, namun pihak pemerintah belum bertidak untuk menyelesaikan masalah Papua melalui dialog. “Saya belum lihat tindakan lanjut dari pembicaraan. Semua hanya bicara-bicara saja. Janji tinggal janji,” katanya.

 

Sementara menurut Theo, kekerasan dan teror terus berjalan dari kampung hingga ke kota Jayapura. Persoalan yang semakin kompleks itu sepertinya dibiarkan pemerintah. “Semua urus yang lain. Semua sibuk dengan kampanye Pilkada,” katanya.

 

Dengan demikian, menurut Theo, masalah Papua semakin membingungkan semua pihak. “Masalah Papua ini membingungkan. Kekerasan demi kekerasan terus berlanjut tanpa penyelesaian,” kata pria asal Belanda ini kepada tabloidjubi.com.

 

Sekalipun membingungkan, menurut Theo, pemerintah semestinya bisa menyelesaikan masalah Papua dan mengungkap pelaku penembakan yang beraksi di Jayapura. “Pelaku penembakan bisa diketahui dan ditangkap. Hanya perlu investigasi yang serius,  jujur dan betul dari pihak kepolisian untuk menghindari spekulasi,” kata mantan misionaris fransiskan asal Belanda ini.

 

Namun demikian, penyelesaian masalah penembakan tidak harus berhenti pada investigasi. Menurut Theo, ada tindakan lanjutnya. “Kita perlu duduk bicara apa yang benar dan tidak, saling mendengar. Semua pihak harus terbuka menyampaikan idenya mengenai akar persoalan Papua,” katanya kepada tabloidjubi.com.

 

Lebih dari itu, menurut Theo, semua pihak yang berkepentingan dengan Perdamaian Papua harus mencari solusi bersama. Solusi yang tidak mengorbankan salah satu pihak. “Cari solusinya bersama yang menguntungkan semua pihak tanpa bertahan dengan idenya yang benar.”

 

Lanjut Theo, kalau semua bertahan dengan ide masing-masing, kita tidak akan pernah mendapatkan jalan keluarnya. (Jubi/Mawel)

http://tabloidjubi.com/jayapura/18951-theo-van-der-broek-dialog-jakarta-papua-semua-hanya-bicara-bicara-saja

Scroll to Top