jdp

Surat Terbuka Jaringan Damai Papua (JDP)

SURAT TERBUKA

Dalam beberapa waktu terakhir ini, Jaringan Damai Papua (JDP) telah menerima berbagai kritik berkaitan dengan peran dan posisi JDP dalam penyelesaian konflik yang terjadi di Tanah Papua. Sehubungan dengan situasi tersebut, JDP terdorong untuk memberikan klarifikasi secara terbuka mengenai komitmen JDP dalam mendorong proses perdamaian melalui dialog.

JDP adalah jaringan kerja bersama yang terdiri dari para sukarelawan dari berbagai latar belakang suku, agama, keyakinan politik, disiplin ilmu dan bidang kerja, yang secara konsisten berupaya mewujudkan perdamaian di Tanah Papua.

Peran JDP adalah mendorong para pihak yang terlibat dalam konflik Papua, untuk lebih mengedepankan upaya penyelesaian konflik melalui jalan damai, sehingga dapat menghindari terjadinya kekerasan yang berkepanjangan di Tanah Papua serta mencegah jatuhnya korban di kedua belah pihak yang bertikai.

Dalam menjalankan komitmennya, JDP terus berupaya menjalin komunikasi dengan kedua belah pihak dalam rangka mengajak para pihak untuk mau membuka ruang DIALOG DAMAI guna menyelesaikan konflik secara bermartabat. JDP tidak bertindak untuk menggantikan peran dan posisi ULMWP ataupun Pemerintah Indonesia.

Sebagai fasilitator untuk semua, JDP tetap berupaya memasilitasi penyelesaian konflik di Papua dengan cara-cara tanpa kekerasan, meskipun pilihan menjadi fasilitator tidak jarang menuai kecurigaan dari kedua belah pihak yang berkonflik. Namun demikian, JDP sangat menghargai setiap kritik, masukan dan saran dari semua pihak yang bersifat mendukung proses perdamaian, terutama melalui dialog menuju rekonsiliasi secara menyeluruh di Tanah Papua.

Demikian surat ini. Jika ada hal-hal yang perlu mendapatkan penjelasan lebih lanjut, mohon berkenan menghubungi kami.

Jayapura, 30 April 2020

Koordinator JDP
Pastor John Bunay, Pr.
Telp/WA: +62 813-1558-2017

Scroll to Top