tahanan

Soal Tapol Masuk dalam Penataan Otsus Plus

tahananSumber foto: IstimewaJakarta – Pengaturan hingga pembebasan tahanan politik (tapol) akan dimasukkan dalam konteks penataan lokal politik yang merupakan bagian otonomi khusus yang diperluas atau otonomi plus untuk Papua.

 

Pengaturan ini akan disesuaikan dengan penataan hubungan antarkelompok politik di Papua dan strategi pengelolaan pertahanan.

 

“Itu (soal tapol) akan masuk dalam penataan lokal politik,” kata Staf Khusus Presiden bidang Pembangunan Daerah dan Otonomi Daerah, Velix Wanggai di kantor presiden, Jakarta, Rabu (8/5).

 

Dalam hal otsus plus untuk Papua, kata Velix, pemerintah sedang melakukan evaluasi terhadpa empat hal yaitu kewenangan, keuangan, strategi pembangunan dan penataan kelembagaan politik lokal.

 

“Cukup empat hal itu yang akan kita pertajam dan akan di-exercise di pusat maupun di daerah, gubernur akan diskusi dengan stakeholders untuk merumuskan apa kewenangan luas yang diinginkan presiden,” lanjutnya.

 

Pemerintah, kata Velix, masih menggodok hal-hal yang dimaksudkan akan diperluas dalam otonomi Papua. Selain politik dan keuangan, dia memastikan perihal aspek adat dan nilai-nilai lokal akan menjadi bagian Otsus plus. Konsep Otsus plus tersebut diharapkan bisa selesai dalam tahun ini.

 

Penulis: Ezra Sihite/FER

 

Sumber: http://www.beritasatu.com/nusantara/112622-soal-tapol-masuk-dalam-penataan-otsus-plus.html

Scroll to Top