Seharusnya Dialog Didahului Keppres

Dari  Pertemuan Antara Tokoh Gereja  dan Watimpres

SEMENTARA ITU, para tokoh  Gereja di Papua meminta  kepada pemerintah pusat  segera menetapkan  dan mensahkan Dialog   Jakarta-Papua didahului   suatu Keputusan Presiden (Keppres). Hal ini dimaksud  agar  kebijakan  yang telah ditungu-tunggu rakyat  Papua tersebut  memiliki kekuatan  dan kepastian hukum tetap.  

Demikian diutarakan  Direktur Baptis Voice Papua dan Mantan  Wakil Ketua Perwakilan  Komnas  HAM Papua  periode 2009-20121 Matius  Murib usai  pertemuan antara  tokoh Gereja-gereja di  Papua dengan rombongan Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Watimpres) yang membidangi masalah  Hukum dan HAM di Kantor Sekretariat  Gereja KINGMI Papua, Jayapura, Rabu (5/9).

Dalam kunjungannya,  rombongan Wantimpres yang dipimpin DR. Albert  Hasibuan, SH menggelar pertemuan dengan didampingi beberapa anggotanya, Toar Josa Riupassa, Andhi Ilham Permana, SH, Reza, SSos, Oktaviani Lestari dan Suherman.  Sejumlah Tokoh Gereja di Papua juga hadir, antara lain  Pdt. Beny Giay, Pdt. Socrates S Yoman, dan Ev.Petrus Mabel serta  Direktur Baptis Voice Papua  Matius  Murib.

 

Sebelumnya, Watimpres juga melakukan kunjungan ke Kantor Gubernur Provinsi Papua dan Kodam XVII/Cenderawasih, serta Polda Papua dan MRP guna menghimpun data-data, mengenai persoalan-persoalan yang melanda di Papua guna dibawa dalam lingkup Dialog Jakarta- Papua.

Menanggapi   usulan tokoh  Gereja-gereja di Papua, kata Matius,   Watimpres   segera    menyampaikan menyampaikan kepada Presiden agar  dapat  ditindaklanjuti  sebelum  Dialog  Jakarta—Papua digelar.  

Pada  bagian  lain,  ujar Matius, tokoh Gereja-gereja  di Papua mengusulkan agar   sebelum digelar Dialog  Jakarta—Papua terlebih dahulu   dilakukan Pra Dialog  Jakarta—Papua  dengan agenda  meliputi dua  hal  penting   yakni  meminta pemerintah   menarik seluruh  pasukan TNI/Polri  dari  Tanah  Papua, membebaskan seluruh  Tapol/Napol di seluruh  Indonesia serta  melakukan proteksi dan  perketat  jumlah  migrasi dari  luar ke Papua. (mdc/don/l03)

 

Sumber: http://bintangpapua.com/headline/26274-seharusnya-dialog-didahului-keppres

Scroll to Top