20120607 053109_papua2

Segera Lakukan Dialog Jakarta-Papua

20120607 053109_papua2JAKARTA–MICOM: Upaya Pemerintah untuk menciptakan suasana yang kondusif di Papua tidak akan berhasil tanpa menyegerakan dialog damai yang bermartabat antara Papua-Jakarta. “Presiden Susilo Bambang Yudhoyono untuk segera mempersiapkan dialog antara Jakarta dan Papua. Rakyat Papua harus didengar dan diajak berdialog, karena pendekatan keamanan dan pendekatan ekonomi yang bersifat top-down yang selama ini diberlakukan Pemerintah di Papua terbukti gagal,” kata Direktur Eksekutif Imparsial, Poengky Indarti saat ditemui di kantornya, Jakarta, Kamis (7/6).

 

Ia mengingatkan bahwa presiden telah berjanji akan menggelar dialog terbuka untuk menyelesaikan berbagai problematika di Bumi Cendrawasih. “Pemerintah sebenarnya tidak perlu cemas, karena Kedaulatan Indonesia terhadap Papua sudah diakui dunia internasional. Masalah di Papua berbeda dengan Timor Leste dulu,” ujar Poengky. Pendekatan penyelesaian konflik di Papua juga harus diubah. Pendekatan dari bawah ke atas harus dilakukan.

 

“Pemerintah harus mendengarkan apa saja keinginan orang-orang di Papua,” katanya. Ia menambahkan, DPR selaku pengawas kinerja kepolisian, militer dan intelijen juga harus untuk memanggil mereka guna dimintai pertanggungjawaban atas kondisi Papua yang terus memburuk. “Semua pihak harus bisa menghentikan kekerasan dan balas dendam, dan bersama-sama mengupayakan Papua menjadi tanah yang damai karena Papua bagian dari Indonesia,” kata Poengky. (OX/OL-9)

 

Sumber: http://www.mediaindonesia.com/read/2012/06/07/324765/284/1/Segera-Lakukan-Dialog-Jakarta-Papua

Scroll to Top