SBY Harus Selesaikan Masalah Papua Secara Komprehensif

 

Jakarta – Komisi Nasional (Komnas) Perempuan mendesak Presiden Susilo Bambang Yudhoyon menyelesaikan seluruh persoalan Papua secara komprehensif, dengan melibatkan masyarakatnya.

 

“Komnas Perempuan meminta pemerintah segera usut tuntas kasus-kasus kekerasan di Papua, tegakkan hukum dan menghukum para pelaku, baik aparat keamanan maupun sipil, ciptakan rasa aman bagi masyarakat, serta membangun dialog dengan masyarakat Papua untuk menemukan solusi terbaik penyelesaiannya,” kata Ketua Gugus Kerja Papua Komnas Perempuan, Sylvana Apituley, di Jakarta, Kamis (14/6).

 

Selain itu, Komnas Perempuan juga mendorong Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) menyelidiki rentetan berbagai kekerasan. Agar kekerasan tidak meluas, masyarakat dihimbau agar tidak terprovokasi isu-isu dan tindak kekerasan yang dapat memicu kekerasan lainnya.

 

Kian maraknya eskalasi kekerasan yang menimbulkan jatuhnya korban, baik korban meninggal dan luka di bumi cendrawasih, sangat disesalkan Komnas Perempuan. Sementara, kasus-kasus kekerasan sebelumnya, termasuk kekerasan terhadap perempuan belum tertangani.

 

Seperti diberitakan sebelumnya, sesuai data tindakan kekerasan di Papua 18 bulan terakhir, korban berjatuhan hampir di semua kota wilayah Papua, antara lain; Sorong (1 orang warga sipil meninggal), Puncak Jaya (7 orang aparat meninggal dan 1 luka serta  5 orang warga sipil meninggal dan 2 luka).

 

Kemudian, di Mulia (1 orang aparat meninggal), Wamena (1 orang aparat meninggal), Abepura (4  warga sipil meninggal),  Jayapura (1 aparat meninggal dan 5 warga sipil meninggal),  Meroke ( 2 aparat meninggal), Timika/Mimika (3 aparat meninggal dan 1 luka serta 8 warga sipil meninggal dan 3 luka), dan Paniai (1 warga sipil meninggal dan 4 luka). [IS]

 

Sumber: http://www.gatra.com/nasional-cp/1-nasional/14131-sby-harus-selesaikan-masalah-papua-secara-komrehensif

Scroll to Top