SBY Ditagih Dialog Pusat dengan Papua

Ketua Sinode Gereja Kingmi Papua, Pendeta Benny Giay menagih janji Presiden Susilo Bambang Yudhoyono untuk melakukan dialog pemerintah pusat dengan masyarakat Papua.

“Kami meminta wantimpres untuk mengingatkan dan meastikan komitmen Presiden terkait dialog damai di Papua,” kata Wakil Koordinator Kontras Indria Fernida yang mendampingi Pendeta Benny Giay. “Semestinya, presiden sudah membentuk tim untuk merealisasikan inisitiaf dialog damai ini.”

“Tidak ada alasan bagi presiden untuk tidak merealisasikan hal tersebut karena konsepnya sudah pernah diajukan oleh kawan-kawan di Papua,” kata Fernida lagi.

Penegakan hukum dan keamanan di Papua yang juga harus menjadi perhatian Presiden.

Ia menegaskan, tidak bisa Presiden menyatakan ini persoalan kecil semata sehingga presiden harusnya bisa melakukan evaluasi terhadap pendekataan keamanan di Papua.

 

“Jika memang Presiden punya hati dan berkomitmen untuk situasi damai di Papua, dua hal tersebut harus menjadi perhatian utama dan jadi prioritas,” tuturnya.

 

Sementara itu,  Anggota Dewan Pertimbangan Presiden Bidang Hukum dan HAM Albert Hasibuan  menegaaskan bahwa dialog memang penting. Ia berharap, keadaan yang ada saat segera diakhiri.

Ia pun menegaskan, jika memang nantinya sudah dipastikan untuk melaksanakan dialog tersebut, maka perlu persiapan mulai dari sekarang. “Jangan kita bicara lagi dialog tapi tidak ada persiapan. Saya harapkan pembicaraan kita ini menghasilkan kesepahaman,” kata Albert. (Mad/OL-8)

Sumber: http://m.mediaindonesia.com/index.php/read/2012/07/04/330733/284/1/SBY_Ditagih_Dialog_Pusat_dengan_Papua

Scroll to Top