din-syamsuddin

Prof. Din Samsuddin Akan Bertemu JDP dan Toga Papua

din-syamsuddinKetua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah

Prof. DR. H. Din Samsuddin, M.A.JAYAPURA – Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Prof. DR. H. Din Samsuddin, M.A., mengadakan silaturahmi dan dialog dengan Pimpinan Muhammadiyah Papua beserta keluarga besar Muhammadiyah Papua, di Aula Lantai III SMP Muhammadiyah Abepura, Selasa (10/9) kemarin sore sekitar pukul 17.00 WIT.

Acara silaturahmi dan dialog itu dihadiri ratusan orang baik dari pengurus Muhammadiyah Papua, para guru, siswa/i dan mahasiswa/i yang mengenyam pendidikan di institut Muhammadiyah.

Usai kegiatan silaturahmi dilanjutkan dengan dialog antara keluarga besar Muhammadiyah Papua dengan Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Prof. DR. H. Din Samsuddin, M.A.

Kepada wartawan, Din demikian sapaan akrabnya mengatakan, bahwa walaupun kali ini bukan kunjungan pertama kalinya ke Papua secara umum dan Kota Jayapura secara khusus, namun dalam tempo beberapa waktu lalu dirinya tidak ke Papua.

Oleh karena itu, dia pada kali ini menyempatkan untuk bersilaturahmi dengan ummat muslim atau lebih khusus dengan keluarga besar Muhammadiyah di Papua khususnya yang ada di Kota Jayapura.

“Ini adalah kegiatan silaturahmi dengan keluarga besar Muhammadiyah di Papua atau di Kota Jayapura, karena ini sudah agak lama lagi saya tidak kemari,” ucapnya.

Tidak hanya itu, Din juga mengatakan, bahwa selain melakukan silaturahmi itu tujuan keduanya ke Papua karena dia mendampingi satu perwakilan dari tokoh – tokoh agama yang ada di Eropa yang berkunjung ke Tanah Papua.

“Kebetulan saya mendampingi seorang tokoh Kristiani dari Eropa, anggota jaringan perdamaian dan juga tokoh Papua dari Jaringan Damai Papua (JDP) dalam hal ini Neles Tebay yang ingin bertemu para tokoh agama (toga) yang ada di Papua ini,” tuturnya.

Menurutnya, pertemuan antara tokoh-tokoh agama di Papua dengan Jaringan Damai Papua (JDP) ini akan dilangsungkan di Jayapura pada hari Rabu (11/9) besok pagi, setelah itu dirinya akan kembali lagi ke Jakarta. “Kunjungan saya ke Papua ini hanya dua hari saja,” ucapnya.

Ketika disinggung mengenai apakah kedatangannya itu terkait konflik yang selama ini terjadi di Papua. Din mengatakan, bahwa konflik bukan saja terjadi di Papua melainkan di daerah lain juga pasti adaya konflik. Salalah satu contohnya yang terjadi di Nanggroe Aceh Darussalam (NAD).

“Konflik yang ada di Papua saya dapat memahaminya, karena sebagian dari masyarakat Papua mempunyai aspirasi tersendiri. Aspirasi itulah yang sedianya di dengar oleh Pemerintah Pusat,” pungkas Din mengakhiri wawancara sambil melangkahkan kakinya masuk ke Masjid Ash Sholohin untuk beribadah Sholat Maghrib. (Mir/don/l03)

 

Sumber: http://bintangpapua.com/index.php/lain-lain/k2-information/halaman-utama/item/8405-prof-din-samsuddin-akan-bertemu-jdp-dan-toga-papua

Scroll to Top