PM Inggris Sambut Kunjungan SBY

LONDON – Perdana Menteri Inggris David Cameron menyambut kunjungan Presiden Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ke Downing Street, London. SBY dan Cameron membicarakan agenda-agenda yang berkaitan dengan perdagangan dan investasi Inggris dan Indonesia. Kunjungan SBY ke Inggris merupakan bentuk dari kelanjutan kunjungan kenegaraan Cameron ke Jakarta pada April lalu. Ketika bertemu di London, Cameron menyampaikan kegembiraan beliau kepada Presiden Yudhoyono bahwa British Petroleum baru saja menandatangani proyek pembangunan gas alam cair (LNG) sebesar USD12 miliar atau sekira Rp115 triliun di Indonesia.

 

Cameron turut memuji SBY atas kepemimpinannya yang membawa Indonesia dalam transisi otokrasi menuju demokrasi yang bersemangat. Cameron pun menyambut baik peran yang dimainkan Indonesia dalam menunjukkan kepada dunia bahwa Islam dan demokrasi dapat saling berdampingan dan berkembang. Demikian keterangan tertulis Kedubes Inggris yang diterima Okezone, Jumat (2/11/2012). Isu Papua pun turut disinggung Cameron saat SBY berkunjung ke London.

 

Cameron dan SBY mendiskusikan bagaimana penghormatan terhadap hak asasi manusia dapat diterapkan dengan bai khususnya di wilayah Papua, sekaligus menjaga integritas wilayah Indonesia secara menyeluruh. Terkait isu global, kedua pemimpin itu membahas isu Myanmar terutama isu rekonsiliasi Arakan. Kedua belah pihak juga menyepakati perlunya melanjutkan komitmen untuk membantu rakyat Suriah dan mengenai nuklir Iran, Cameron dan SBY menekankan pentin gnya dialog. (AUL)

 

Sumber :http://international.okezone.com/read/2012/11/02/414/712711/pm-inggris-sambut-kunjungan-sby

 

Scroll to Top