1520113620X310

Pemerintah Terus Lakukan Pendekatan dengan OPM

 1520113620X310

 JAYAPURA, KOMPAS.com — Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Djoko Suyanto mengatakan, pemerintah terus melakukan pendekatan dengan kelompok separatis Organisasi Papua Merdeka agar turun gunung dan hidup damai bersama masyarakat lainnya.
    
“Sejak Desember 2011, pemerintah sudah mengirim delegasi untuk melakukan pendekatan dengan OPM,” kata Menkopolhukam Djoko Suyanto kepada wartawan di Jayapura, Senin (18/6/2012) malam. Menurutnya, pendekatan ini tidak mudah, dibutuhkan komunikasi yang intens dan terus-menerus.   

 

Selain melakukan komunikasi yang intens dengan kelompok OPM, pemerintah juga sudah melakukan komunikasi dan dialog dengan kelompok lainnya, termasuk jaringan Papua Damai.
    
“Saya tahun 2011 hadir pada acara yang digelar jaringan Papua Damai yang dilakukan di Aula Universitas Cenderawasih,” ujar Djoko didampingi Kapolri Jenderal (Pol) Timur Pradopo, Ketua DPRP Papua Jhon Ibo, dan Ketua MRP Timotius Murib.

    
Menyinggung tentang keberadaan Unit Percepatan Pembangunan Papua dan Papua Barat (UP4B), ia menegaskan, keberadaan unit kerja bentukan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono itu bukan untuk membawa dana yang banyak ke Papua, melainkan untuk mensinkronkan berbagai kegiatan pembangunan yang dilaksanakan di provinsi ini.

 

Menkopolhukam bersama Panglima TNI Laksamana TNI Agus Suhartono, Kapolri Jenderal (Pol) Timur Pradopo, Kepala BIN Marciano, Selasa (19/6/2012), dijadwalkan melakukan pertemuan di Mapolda Papua dan di Kantor Gubernur Papua di Jayapura, sementara pada siang harinya melanjutkan kunjungan kerja ke Timika.

Sumber: http://nasional.kompas.com/read/2012/06/19/10063669/Pemerintah.Terus.Lakukan.Pendekatan.dengan.OPM

Scroll to Top