Pemerintah Klaim Terapkan Pendekatan Kultural di Papua

RMOL. Pemerintah mengaku telah melakukan pendekatan secara kultural untuk mengetahui lebih mendalam terkait pembangunan di Papua.

 

Deputi Bidang Koordinasi Politik Dalam Negeri Kemenko Polhukam Mayjen TNI Yoedi Swastono mengaku pemerintah telah meresmikan organisasi Persaudaraan Melanesia Masyarakat Indonesia (PMMI) sebagai wadah menampung aspirasi masyarakat Nusa Tenggara Timur (NTT), Maluku, Maluku Utara, dan Papua Barat.

 

Dibentuknya PMMI merupakan jembatan pemerintah dalam menentukan arah kebijakan politik yang dilihat dari aspek kultural di lima wilayah yang menjadi anggota, termasuk arah pembangunan Papua Barat.

 

“Tindak lanjutnya sebagai organisasi kebudayaan di bawah Kementerian Dalam Negeri, dan kita akan dirikan Pusat Kebudayan Melanesia di Manokwari, Papua Barat dalam rangka membangun bidang kebudayaan,” jelas Yoedi dalam seminar nasional ‘Tindak Lanjut Kebijakan Presiden Jokowi Untuk Papua Tanah Damai’ di Auditorium lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Jakarta, Rabu (27/1).

 

Tak hanya itu, Yoedi menambahkan lembaga PMMI ini juga menjadi perwakilan Indonesia dalam forum internasional. Dalam hal ini Melanesia Spearhead Group (MSG).”PMMI ini mewakili kegiatan kita di Melanesia Spearhead Group (MSG), yang menjadi pernyataan kita di dalam negeri menjadi kegiatan kita di MSG,” ujarnya. [wah]

 

Sumber: http://www.rmol.co/read/2016/01/28/233714/Pemerintah-Klaim-Terapkan-Pendekatan-Kultural-Di-Papua-

Scroll to Top