peserta pelatihan

Pelatihan Mediasi untuk komunitas.

peserta pelatihanPeserta Pelatihan MediasiAliansi Demokrasi untuk Papua (ALDP) dan Jaringan Damai Papua (JDP), menyelenggarakan pelatihan Mediasi dengan Tema: “Membangun Perdamaian Bagi Komunitas” di Susteran Maranatha Waena Jayapura selama tiga hari dari tanggal 25-27 februari 2014.

Pelatihan yang difasilitasi oleh Dr.Ichsan Malik M.Sc dari Universitas Indonesia di Jakarta dan Theo Von Nden Broek dari Jayapura,di ikuti oleh 20 pesesrta mewakili kominutas Papua dan non Papua dari wilayah: Merauke, Timika, Nabire, Biak, Manokwari, Sorong, Fak fak , Keerom, Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura.

Pelantihan ini dilakukan karena pola komunikasi antara orang Papua dan non Papua sangat beragam sehingga menimbulkan prasangka yang keliru, stigma yang negatif pengabaian eksistensi satu sama lain, dari presepsi dan pandangan yang sengaja saling dipertentangkan.

Dalam pelatihan itu pesesrta dibantu menganalisa persoalan yang mengganggu relasi diantara masyarakat sipil antara Papua dan non Papua langkah yang sinergis membangun kesepahaman dan penyelesaian konflik diantraa Papua dan non Papua.

Pada hari pertama pelatihan tersebut fasilitator langsung mendalami arti kata “Merdeka” bagi masyarakat Papua, dilanjutkan dengan dilema kepastian hukum dan keadilan bagi masyarakat, dan nilai-nilai lokal tentang kebersamaan.

Pada hari kedua peserta belajar tentang konflik dan resolusi konflik, mediasi, negosiasi.

Pada hari terakhir para peserta merumuskan agenda bersama untuk masing-masing daerah dalam peranan mereka sebagai mediator di komunitas…Kilion Wenda

Scroll to Top