‘Isu Papua Jadi Perhatian Dunia Internasional’

MANOKWARI– Ketua Sinode Gereja Kristen Alkitab Indonesia (GKAI), Pdt Dr. Martin Luther Wanma bersama direktur LP3BH Yan Christian Warinussy, SH menyayangkan sikap Pemerintah Indonesia yang terkesan menutup-nutupi agenda pembicaraan antara presiden Soesilo Bambang Yudhoyono dengan Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki Moon dalam kunjungannya ke Jakarta, baru-baru ini.

Meski begitu, keduanya mengklaim memperoleh informasi terpercaya bahwa dalam pembicaraan bilateral antara SBY dan Ban Ki Moon, Sekjen PBB asal Korea Selatan itu secara khusus membahas masalah Papua dengan kepala negara.

Hal itu memperlihatkan bahwa PBB memang memberi perhatian khusus atas permasalahan yang tengah terjadi di Papua dan  mendorong Jakarta agar  menyelesaikannya secara tuntas lewat cara-cara yang beradab. “Bagi kami dari kalangan gereja, dengan dibahasnya masalah Papua oleh Ban Ki Moon, itu sudah menjadi kemenangan moral untuk orang Papua, “ tandas pendeta ML Wanma dalam konferensi pers dengan wartawan di kantor LP3BH, Minggu (25/3) petang.

LP3BH sendiri memandang pertemuan Ban Ki Moon dengan SBY yang di dalamnya membahas Papua, semakin mempertegas  bahwa isu Papua sudah menjadi perhatian dunia internasional.

“Itu artinya, soal Papua tidak bisa dianggap sederhana dan bisa didekati dengan pembangunan oleh Pemerintah Indonesia saat ini,” demikian rilis yang dilansir LP3BH dalam jumpa pers itu.

Ada empat hal utama yang menjadi titik pangkal gejolak berkepanjangan di tanah Papua menurut LP3BH. Yakni pertama, marginalisasi dan efek diskriminasi terhadap orang asli Papua, pembangunan ekonomi yang tidak merata dan konflik politik dengan masyarakat Papua sejak 1970.

Kedua, kegagalan pembangunan  yang dilaksanakan pemerintah Indonesia terutama di bidang pendidikan, kesehatan dan pemberdayaan ekonomi rakyat. Ketiga, kontradiksi sejarah dan kontradiksi identitas politik antara Papua dan Jakarta. Dan keempat, pertanggungjawaban atas kejahatan negara di masa lalu terhadap warga negara Indonesia di Papua.

 

Sumber berita : http://bintangpapua.com/headline/21170-isu-papua-jadi-perhatian-dunia-internasional

Scroll to Top