Partai Nasdem Punya Pandangan Khusus Penyelesaian Papua Melalui Dialog

Sulaiman:  Bukan  Soal  Dukung Mendukung, Namun Soal  Layani Aspirasi

 

JAYAPURA –  Pemerintah Pusat seharusnya tanggap terhadap perkembangan politik di daerah sehingga hal- hal yang mengemuka didaerah ini bisa diambil sikap untuk penyelesaiannya. Persoalan- persoalan spesifik yang ada di Papua mestinya tak perlu ditakuti Pemerintah,  karena Papua merupakan bagian  tak terpisahkan dari Negara Kesatuan Republik  Indonesia, sehingga apapun aspirasi yang berkembang didaerah ini, Jakarta harus bisa melayani sehingga aspirasi itu tersalurkan. Demikian pandangan  Sekretaris Partai Nasdem Provinsi Papua, H. Sulaiman Hamzah, Sabtu( 17/8) di Kantornya.

Menurut  Sulaiman Hamzah, apapun alasannya aspirasi Dialog yang diinginkan masyarakat  Papua harus dilayani, ketika aspirasi itu tak dilayani, hal itu  justru dipertanyakan, ada apa sebenarnya. “Jakarta tidak perlu menghindar untuk Dialog Papua – Jakarta yang dikembangkan oleh elite- elite politik didaerah ini,” ujarnya.

Aktivis Pendiri Partai Nasdem ini mengemukakan, Partai Nasdem  sesungguhnya punya pandangan khusus soal penyelesaian masalah  Papua melalui Dialog Papua- Jakarta,  namun konteks ini tak dikaitkan dengan persoalan dukung mendukung melainkan persoalan Dialog yang berkembang ini adalah persoalan aspirasi politik yang tak boleh dibiarkan mengkristal di sebuah kelompok lalu hal ini lama kelamaan menjadi besar  dan menjadi penyakit bangsa,maka solusinya  penting bagi pemerintah  menfasilitasi aspirasi itu.

Berbagai hal yang diaspirasikan di Papua mulai dari isu kemiskinan, keterbelakangan, kemudian masalah spesifik yang disuarkan masyarakat kita  yakni terkait  perampasan hak-hak adat. Ia mengakui,  hak-hak adat ketika dibahasakan kedengarannya kurang enak, namun ketika hal  ini disikapi dengan bijaksana maka yang bersuara itu akan menyapa kita sebagai sesama anak bangsa  dimana persoalan itu harus disikapi bukan dihindari.

Ketika tuntutan terhadap penyelesaian hak-hak adat tak ditanggapi, tuntutan itu akan semakin menjadi jadi. Disatu sisi banyak persoalan di Papua dihadapi pemerintah, persoalan sama merata diseluruh Indonesia, tergantung menyikapinya artinya pemerintah hampir tidak melakukan evaluasi terhadap sikap sikap politik masyarakat  serta hal hal kritis yang dikembangkan dimasyarakat. “ Hampir tidak ditanggapi sama sekali hingga terjadi ketimpangan pola relasi”, Ujarnya.

Ketika sikap sikap politik yang berkembang dimasyarakat tak ditanggapi  dampaknya   berpengaruh pada  soal keamanan dan berbagai soal  yang berkembang disemua ranah hidup di daerah.

Menyikapi dinamika ini, Partai Nasdem berusaha untuk mengembalikan situasi ini dengan melakukan restorasi terhadap  perkembangan yang akhir-akhir ini buruk dikalangan masyarakat luas ini, tak hanya di Papua,  secara nasional Nasdem mengusung sebuah restorasi yang diperjuangkan sungguh-sungguh oleh  seluruh kader yang ada diberbagai  lapis masyarakat dengan mempertaruhkan kemampuannya untuk menyuarakan perubahan ini  melalui legislatif.

Mencalonkan diri dilegislatif, merupakan sebuah keberanian sekaligus tantangan besar  sebagai partai baru, partai yang belum mempunyai basis, namun Nasdem  berani menyuarakan perubahan itu. Ketika masyarakat kritis dalam menyikapi dengan sungguh-sungguh termasuk perhatian pemerintah terhadap aspirasi yang berkembang dimana dinamika dunia politik  diakui terjadi pergeseran besar sekali.

Demikian berbagai aspek lainnya terkait pembangunan , semakin hari semakin tak terarah. Bangsa ini dari awal memang sudah meletakan dasar dasar kehidupan berbangsa  dalam Undang undang  Dasar 1945 sebagaimana ekonomi rakyat diamanatkan dalamUndang undang Dasar yang mestinya dijalankan secara murni dan konsekuen tetapi sekali lagi hal itu tidak jalan. Ia bertanya, yang salah dimana sebenarnya.

Padahal jelas disebutkan dalam pasal 33, tentang perekonomian rakyat sebagai usaha bersama  yang dikemas dalam lembaga yang disebut Koperasi, namun secara nasional dalam perkembangannyapun koperasi tak berarti apa-apa.
Ia melihat, di Papua perkembangan ekonomi yang dikemas dalam Koperasi tak difasilitasi, tak ada lembaga yang bisa memfasilitasi perekonomian masyarakat dipedalaman  terutama untuk bisa berkembang dengan saudara-saudara lain yang ada di kota. Sikap pembiaran terhadap  lemahnya sistim ekonomi rakyat dapat dilihat  dipelosok pedalaman,  pedagang dan sistim perdagangan tak jalan  hal ini berlangsung lama, masyarakat  berjalan sendiri, lantas kemudian terjadilah ketimpangan besar.

Hal ini nampak dari mahalnya   harga barang di wilayah pedalaman Papua yang tak seimbang dengan daya beli masyarakat. Padahal ketika lembaga koperasi dan pemerintah turut berpartisipasi dan memfasilitasi bukan tak mungkin harga barang dipedalaman akan sama dengan harga barang di Kota dengan sejumlah subsidi ditawarkan sebagai sebuah kebijakan seimbang. Hal ini dilakukan untuk menghentikan suara suara miring rakyat dan suara miring rakyat  itu tak bisa disalahkan.  Calon anggota DPR RI Partai Nasdem ini mengemukakan, memang ada hal yang salah dengan sistem ekonomi rakyat.

 

Perbaiki ketimpangan
Namun, semua itu dapat diperbaiki, dengan momentum Hari Proklamasi Kemerdekaan  ke 68   Tahun 2013 ini, sebenarnya bagian dari evaluasi terhadap berbagai ketimpangan-ketimpangan yang terjadi selama ini. Kalau itu dilakukan dari tahun ketahun, yang butuh dibuang yang baik dipakai untuk disesuaikan dengan aspirasi masyarakat kedepan.

Ia optimis bahwa perubahan terjadi ketika ketimpangan yang terjadi sudah bisa di perbaiki, otomatis terjadi perubahan dan dirinya yakin masyarakat tidak akan menghianati pemerintahnya sendiri. Ia menegaskan Partai Nasdem memperjuangkan perubahan yang diperjuangkan sungguh-sungguh oleh para kadernya yang sementara mempersiapkan diri, dengan demikian diharapkan akan terbagun sebuah sinergitas yang kuat antara daerah kabupaten dan pusat. Andaikata rakyat membutuhkan Nasdem untuk periode ini untuk bisa melakukan perubahan, tentu dengan dukungan masyarakat.

Maka bukan tidak mungkin akan terbangun sinergi yang kuat dikabupaten, Provinsi dan Pusat untuk melakukan perubahan tadi. Itu harapan kami untuk masyarakat memanfaatkan momentum ini sebagai sebuah kesempatan karena sementar lagi kita akan melakukan pemilu legislatif. Diharapkan aspirasi masyarakat turut berubah sesuai perkembangan zaman saat ini.
Nasdem akan solid dengan masalah Korupsi, Kolusi yang saat ini merajalela. Nasdem sudah dari dasar dimana menerima caleg tanpa pungutan sepeserpun. Kita mulai melatih mereka berlatih jujur berlaku adil terhadap sesama. Kita melatih mereka sebelum masuk legislatif mereka sudah bisa menjaring aspirasi masyarakat dan ketika ada didalam  aspirasi itu yang diperjuangkan.

“Kelompok masyarakat mana yang mempunyai aspirasi yang harus diperjuangkan,  maka aspirasi itu harus diperjuangkan, harus diprioritaskan dan itu menjadi perjuangan Nasdem, tak sekedar basa-basi, Kita akan sungguh-sungguh menjawab kebutuhan masyarakat. Itu konsekuensi Nasdem, membawa perubahan dan menjawab kebutuhan masyarakat,”katanya.

(Ven/Don/l03)

 

Sumber: http://bintangpapua.com/index.php/lain-lain/k2-information/halaman-utama/item/7640-partai-nasdem-punya-pandangan-khusus-penyelesaian-papua-melalui-dialog

Scroll to Top