Ngaku Sudah Ketemu Jokowi, Lambert Pekikir Dorong Dialog Damai Versinya

Pimpinan Umum TPN/OPM Markas Victoria, Lambert Pekikir meminta dukungan rakyat Papua dalam upaya perdamamaian oleh OPM dengan Indonesia.

Dalam wawancara per telepon kepada SULUH PAPUA, Rabu (21/1/2015), Lambert mengatakan tahun kemarin mereka melakukan upaya perdamaian dengan gagasan Keerom Damai, namun upaya tersebut tidak berhasil.

Meski demikian, pihaknya tetap berupaya untuk menghindari kontak senjata dan menyelesaikan konflik dengan jalur damai.

Ia menyebutkan, baru-baru ini dikabarkan perwakilan dari OPM yang di wakili oleh Tim 13 di undang ke Jakarta untuk bertemu kepala BIN dan Sekretaris Negara.

“Kita sepakat duduk satu meja untuk menyelesaikan masalah Papua dengan damai”, katanya.

Duduk satu meja atau jalur damai yang dimaksud Lambert adalah mencari solusi damai dengan disaksikan oleh negara-negara yang netral sebagai pihak ketiga, masyarakat asli Papua, dan digelar di Papua. Ia mengakui sudah melakukan sosialisasi ihwal agenda damai kepada sedikitnya 300 warga Papua di daerahnya.

“Kita lakukan sosialisasi dan mereka setuju”, katanya berharap agar rakyat Papua mendukung upaya perdamaian yang dilakukan pihaknya.

Lambert Pekikir mengakui bahwa dirinya pernah ke Jakarta dan sempat bertemu dengan Presiden RI Joko Widodo dan menurutnya, Jokowi sudah mengumumkan untuk dukungannya dan hal itu menjadi kekuatan politik untuk bangsa Papua.

“Mari kita duduk semeja dan bicara bersama, mekanisme seperti apa, nanti kita atur untuk laksanakan”, katanya lagi.

Pekikir optimis, hal itu akan terjadi dalam waktu yang tidak begitu lama, ia juga menekankan jika perundingan yang sedang didorong pihaknya berbeda versi dengan dialog Jakarta-Papua yang sedang didorong oleh Jaringan Damai Papua.

 

Sumber:http://suluhpapua.com/read/2015/01/22/ngaku-sudah-ketemu-jokowi-lambert-pekikir-dorong-dialog-damai-versinya/

Scroll to Top