OPM Perlu Dilibatkan

Neles Tebay: Soal Pengungkapan Kasus  Penembakan  Trigana di Bandara Mulia


JAYAPURA—Organisasi  Papua Merdeka (OPM)  bersenjata yang  dipastikan Pangdam XVII/Cenderawasih dan Kepala  Staf  TNI/AD  sebagai pelaku penembakan  pesawat  Trigana   PK-YRF di Bandara  Mulia, Puncak Jaya pada Minggu (8/4) Pukul 08.21  WIT perlu dilibatkan   untuk mengidentifikasi masalah mendasar yang melatarbelakangi  aksi kekerasan di Puncak Jaya. 
Demikian  disampaikan Koordinator  Jaringan Damai Papua  (JDP) Dr. Neles Tebay  yang dikonfirmasi di  Hotel Aston, Jayapura, Kamis (12/4). Rohaniawan  Katolik  ini menegaskan, perlu dilibatkannya   OPM bersenjata  ini   baik untuk menghentikan peristiwa yang terjadi sekarang dan masa lampau serta solusi yang dapat mencegah peristiwa itu terulang kembali.


Kemudian dari hasil kesepakatan dalam pertemuan itu, kata dia,  apa yang telah disepakati oleh pemerintah dan OPM, harus terus dipegang dan tak boleh diingkari.


“Solusi strategis yang dapat diberlakukan periode yang panjang, solusi yang diterapkan selama ini adalah responsive, misalnya situasi tidak aman, lalu kirim pasukan dan setelah aman, pasukan dapat ditarik kembali. Ini juga merupakan solusi baik, namun hanya untuk jangka pendek,” ungkapnya.


Sumber:Bintang papua

Scroll to Top