Menyelesaikan Konflik di Papua dengan Dialog

JAYAPURA, suaramerdeka.com – Dalam rangka untuk menjebatani dialog konstruktif antara Papua dan Jakarta, Komisi I DPR RI mengunjungi Papua pada akhir pekan kemarin. Hal tersebut sebagai upaya untuk mencari solusi dan mengurai serta menyelesaikan segala masalah yang ada di Papua. Diantaranya maraknya teror penembakan yang terjadi akhir-akhir ini.

 

Menurut Ketua Komisi I Drs. Mahfudz Siddiq, masalah di Papua tidak akan selesai dengan cara pendekatan keamanan. “Saya menilai pendekatan keamanan tidak akan pernah menuntaskan persoalan, malah akan memunculkan masalah baru, bahkan juga bisa menghancurkan kemanusiaan. Dan saya rasa kita harus mengubah sistem ini bila berniat membawa Papua ke yang baik,” katanya.

 

Selain itu anggota Komisi I lainnya, Lili Wahid mengatakan, untuk menyelesaikan persoalan di Papua lebih baik dengan jalan dialog konstruktif.  “Komisi kami akan proaktif mengawal dan mewujudkan dialog Papua-Jakarta, guna menuntaskan masalah Papua. Sebab saya menilai cara ini akan menjadi tempat kita mencari solusi atau formula baru membawa Papua ke zona damai,” katanya.

 

Meutya Hafid yang juga anggota Komisi I DPR RI memberikan komentar bahwa pertemuan dengan tokoh agama dan tokoh masyarakat membawa pencerahan baru dalam menyelesaikan persoalan Papua.

 

Komisi I kemudian berdialog dengan berbagai elemen masyarakat yang terdiri dari unsur gereja, ormas muslim, akademisi, LSM, komnas HAM Papua dan kalangan aktivis perempuan. Tim juga telah berdialog dengan BIN di Papua, Pangdam Cendrawasih, Polda Papua, dan juga melakukan peninjauan lapangan ke tempat-tempat terjadinya aksi kekerasan bersama-sama dengan sejumlah wartawan.

 

Tim juga telah berdialog dengan pejabat gubernur Papua, ketua DPRP, ketua MRP, KPU Prov Papua dan UP4B.
(JP, dtc, RED / CN32 )

 

Sumber: http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/news/2012/06/11/120930/Menyelesaikan-Konflik-di-Papua-dengan-Dialog

Scroll to Top