Menko Polhukam Sebut Banyak Kelompok di Papua Terfragmentasi

 

JAKARTA–MICOM: Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan Djoko Suyanto menilai mandegnya penyelesaian masalah di Papua lantaran banyaknya kelompok yang terfragmentasi.

 

Ia menyebut tidak ada tokoh yang dapat mengakomodir kelompok-kelompok yang terpecah itu.

 

“Bukan banyak masalah tapi kelompok masyarakat disana sangat terfragmentasi. Jadi siapa merepresentasikan siapa di Papua itu perlu sangat cermat,” kata Djoko di Istana Presiden, Kamis (28/6).

 

Ia membantah pemerintah pusat jarang memerhatikan masalah di Papua. Ia bahkan menyebut sering berkoordinasi dan berdialog, namun permasalahannya kembali pada fragmentasi kelompok-kelompok di Papua itu.

 

“Kita dialog sering, yang penting sekarang substanSI atau grand design’nya. Sekarang siapa yang bisa memastikan elemen-elemen dari seluruh kelompok di Papua,” tambah Djoko.

 

Djoko menyebut, saat ini pemerintah tengah merumuskan format yang pas untuk masalah keamanan di Papua. Ia pun mengharapkan ada tokoh lokal yang dapat mengakomodir kelompok lain.

 

Pemerintah daerah di Papua pun menurut Djoko tidak dapat menyelesaikan fragmentasi kelompok-kelompok di Papua.

 

Ia berharap persoalan keamanan di Papua bukan hanya diselesaikan oleh pihak kepolisian namun juga oleh kearifan lokal. (Fid/OL-8)

Sumber:http://www.mediaindonesia.com/read/2012/06/28/329581/284/1/Menko-Polhukam-Sebut-Banyak-Kelompok-di-Papua-Terfragmentasi

Scroll to Top