Menko Polhukam Gelar Dialog Konflik Papua

 

Metrotvnews.com, Jayapura: Serangkaian penembakan misterius disusul dengan kerusuhan antar-warga sempat membuat situasi di Papua memanas. Dialog Papua-Jakarta kini sedang diupayakan sebagai solusi utama penyelesaian konflik di Papua. Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Djoko Suyanto beserta rombongannya melakukan kunjungan kerja selama empat hari di Papua.

 

Begitu tiba di Jayapura, Menko Polhukam mengadakan pertemuan tertutup dengan sejumlah tokoh masyarakat, tokoh adat dan juga tokoh agama, Senin (18/6). Mereka membahas situasi terakhir di Papua. Dalam pertemuan tersebut, semua sepakat pendekatan membangun Papua dengan damai menjadi kunci penyelesaian konflik di Papua.

 

Djoko Suyanto juga mendengarkan masukan atau saran dari sejumlah tokoh, seperti penyaluran dana otonomi khusus (otsus) yang sampai saat ini belum merata dan tidak memberikan hasil maksimal pada Papua. Para tokoh juga mendorong pemerintah agar lebih memberikan atensi atau peluang pada rakyat atau warga lokal Papua untuk turut membangun dan mengelola dana otsus.

 

Sementara terkait penembakan misterius, Djoko Suyanto menegaskan, bahwa saat ini polisi sedang mendalami siapa pelaku dan apa motifnya. “Sekarang sedang dalam penyelidikan dan penyidikan kepolisian. Saya tidak ingin terlalu gegabah untuk mengambil kesimpulan,” katanya.

 

Dalam kunjungannya, Menko Polhukam didampingi Kapolri Jenderal Polisi Timur Pradopo, Panglima TNI Laksamana TNI Agus Suhartono dan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Marciano Norman. Rombongan Menko Polhukam tiba di Jayapura Senin (18/6). Rencananya, Selasa (19/6) hari ini rombongan akan bertolak menuju Timika dan kemudian ke Manokwari. (Wtr4)

 

Sumber: http://www.metrotvnews.com/read/newsvideo/2012/06/19/153391/Menko-Polhukam-Gelar-Dialog-Konflik-Papua

Scroll to Top