Mantan Menlu OPM Dukung Dialog Jakarta Papua

Jayapura – Nicholas Simeone Messet, mantan Menteri Luar Negeri Organisasi Papua Merdeka menyatakan mendukung rencana dialog Jakarta Papua. Dialog sebagai salah satu cara menyelesaikan masalah.

 

“Saya setuju, tapi dialog tetap dalam bingkai NKRI,” kata Messet, kemarin.

 

Menurut dia, dialog lebih pada usaha menuntaskan masalah kesejahteraan, pendidikan, kesehatan ataupun pelanggaran HAM masa lalu. “Bukan dalam konteks merdeka, karena kemerdekaan itu sudah kita capai, sekarang bagaimana tiap orang Papua mau mengisi kebebasan ini dengan bekerja,” ujarnya.

 

Messet tidak memungkiri apabila selama 40 tahun, ia berjuang bagi Papua Merdeka. “Tapi kemudian saya sadar, bahwa semua itu sia-sia, anak muda sekarang belum merasakan, mereka berpikir semuanya bisa, padahal susahnya minta ampun,” ucapnya.

 

Ketua Komisi A Dewan Perwakilan Rakyat Papua Ruben Magai mengatakan, dialog Jakarta – Papua merupakan harga mati.

 

Dialog bukan sekedar ‘duduk bersama’, namun sebagai tindakan positif yang telah tumbuh bersama adat dan budaya sejak lampau. “Kami kalau menyelesaikan persoalan, biasa ke para-para adat, ada musyawarah, ada dialog, itu yang kita inginkan, seharusnya ini dapat diterima baik oleh pemerintah pusat,” kata Magai.

 

Menurut dia, dialog berefek positif. Tentu saja akan ada solusi menyangkut kesejahteraan rakyat termasuk perpajakan. “Dialog bukan bicara Papua merdeka, kita juga bicara pelanggaran HAM, kekerasan di Papua sampai perpajakan,” ujarnya. (JO/Jayapura)

 

Sumber:/mantan-menlu-opm-dukung-dialog-jakarta-papua/

Scroll to Top