Mahfud Siddiq : Jakarta-Papua Inginkan Penyelesaian Lewat Dialog

 

KBRN, Jayapura : Ketua Komisi I DPR RI, Mahfud Siddiq, mengatakan hasil pertemuan sejumlah tokoh agama, adat, perempuan, dan LSM di Dok IX distrik Jayapura Selatan, Kota Jayapura, Papua (8/6), menginginkan penyelesaian politik lewat dialog Jakarta-Papua.
    
“Mereka (tokoh agama, adat, LSM dan lain-lain) inginkan penyelesaian politik secara menyeluruh lewat dialog,” katanya di Jayapura di sela-sela kunjungan kerja spesifik rombongan Komisi I DPR RI di Jayapura, Papua, Minggu (10/6).
    
Menurut dia, selain penyelesaian masalah politik secara menyeluruh lewat dialog, kelompok tersebut juga telah menyiapkan konsep tentang pelaksanaan dialog.
    
“Kami juga mendapatkan bahwa unsur-unsur masyarakat Papua ini sudah punya konsep tentang dialog,” kata legislator asal partai PKS tersebut.
    
Ia juga mengatakan hal inilah (dialog) yang ditunggu-tunggu oleh sejumlah pihak dan warga Papua pada umumnya.
    
“Jadi, inilah yang saling tunggu antara pemerintah dengan masyarakat di Papua. Untuk itu, tinggal tunggu dari pihak pemerintah pusat atau Jakarta yang harus memulai proses ini,” katanya.
    
Ia menegaskan bahwa rencana dialog itu harus terus didorong, tapi harus ada keberanian untuk itu.
    
Sebelumnya, Komisi I DPR RI mengagendakan kunjungan kerja spesifik ke Papua untuk merespons dinamika sosial dan keamanan di provinsi itu yang semakin mengkhawatirkan Adapun nama-nama rombongan komisi I DPR RI yang ke Kota Jayapura, Papua antara lain Mahfud Sidiq, Roy Suryo, Yoris Raweyai, Salim Mengga, Meutya Hafid, Tritamtomo, dan sejumlah staf sekretariat. (WDA/ant)

(Editor : Waddi Armi)

http://rri.co.id/index.php/detailberita/detail/20640#.T9TMlLCdA0g

Scroll to Top