LP3BH Manokwari Desak Presiden Siapkan Dialog

Manokwari (Sulpa) – Menjelang tahun baru 2014 Lembaga Penelitian, pengkajian Pengembangan dan Bantuan Hukum (LP3BH) Manokwari mendesak Presiden Susilo Bambang Yudoyono untuk mempersiapkan dialog rakyat Papua dengan pemeritah Indonesia.

 

Direktur LP3BH Manokwari Yan Christian Warinussy melalui siaran persnya mengatakan, berbagai pandangan miring disampaikan sejumlah petinggi negara Indonesia. Dengan keyakinanya mereka, mengatakan situasi lokal Papua aman-aman saja bahkan, tidak memiliki pengaruh di dunia inernasional.

 

Menurut dia, dari berbagai dinamika yang akan semakin meningkat dibawa dan dibahas di dunia internasional pada awal tahun 2014 mendatang.

 

“Hal itu dapat dilihat dari perkembangan luar biasa yang dicapai pada pertengahan tahun 2013, dimana masalah hak menentukan nasib sendiri (the rights to self determination) yang diakui dalam Deklarasi Universal HAM tahun 1948,” katanya.

Dimana hak menentukan nasib sendiri orang Papua diangkat dan ditetapkan sebagai konsesus politik pada Pertemuan para Pemimpin Melanesia di Noumea, Kanaky-Solomon Island belum lama ini. Bahkan, lanjutnya, para pemimpin Melanesia itu, sepakat dan mendesak agar perlunya dilakukan penyelidikan terhadap situasi pelanggaran HAM Berat di Tanah Papua yang senantaisa menimpa orang Papua akibat tindakan brutal militer dan kepolisian setempat.

Selanjutnya dalam sebuah pidato resmi sebagai salah satu negara anggota resmi PBB pada Sidang Majelis Umum di New York-Amerika Serikat, Oktober 2013, Perdana Menteri Vanuatu Moana Carracas secara resmi menyatakan, situasi HAM di Tanah Papua sangat buruk dan mengkhawatirkan sehingga PBB harus mengirim penyelidik khususnya.

 

Kemudian Dewan Gereja-gereja Se-Dunia, dimana Gereja Kristen Injili (GKI) di Tanah Papua menjadi salah satu anggotanya pada sidang rayanya di Busan-Korea Selatan belum lama ini juga menegaskan komitmennya pada perjuangan hak menetukan nasib sendiri Orang Papua.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, menurut dia, harus berpikir bijak untuk segera mempertimbangkan dialog Jakarta-Papua tahun 2014. (c/k4/r5)

 

 Sumber:http://suluhpapua.com/read/2013/12/31/lp3bh-manokwari-desak-presiden-siapkan-dialog/

Scroll to Top