LP3BH : Dialog Segera Dibuka

Jayapura, (16/11) — Lembaga Penelitian, Pengkajian dan Pengembangan Bantuan Hukum (LP3BH) Manokwari, Papua Barat meminta agar pemerintah Indonesia segera membuka ruang dialog Bahkan dia meminta agar utusan Presiden SBY menemui Pater Dr Neles Tebay.

 

“Kami mendesak pemerintah Indonesia di bawah kepemimpinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) segera membuka ruang dialog bagi Papua akhir tahun ini,” tegas direktur LP3BH Manokwari, Yan Cristian Warinussy kepada tabloidjubi.com via surat elektronik (email), Jumat (16/11).

 

Presiden SBY diminta mengutus tim bertemu Pater DR.Neles Tebay selaku koordinator Jaringan Damai Papua (JDP) yang selama ini mengurus dialog Papua-Jakarta untuk mendiskusikan format daripada dialog. Sehingga di awal tahun 2013 nanti, persiapan dialog dapat dilaksanakan oleh pemerintah Indonesia dan rakyat Papua.

 

“Bagi saya Dialog adalah jalan yang paling adil, damai dan sangat bermartabat serta memenuhi standar universal dalam upaya penyelesaian konflik perbedaan pandangan politik yang sudah sangat lama dan melelahkan rakyat Papua dan pemerintah Indonesia selama ini,” tuturnya. Pemerintah Indonesia akan memperoleh nilai tinggi dalam konteks pergaulan internasional, apabila memilih menerima penyelesaian konflik poltik Papua melalui dialog.

 

Desakan ini bertolak dari berbagai kekerasan yang terus meningkat di Papua dan Papua Barat. Ekskalasi kekerasan ini jadi catatan buruk dalam perjalanan pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dalam konteks tanggung jawabnya di bdang pembangunan dan pemerintahan serta keamanan khususnya tanah Papua. (Jubi/Musa)

 

Sumber: http://tabloidjubi.com/?p=3255

Scroll to Top