LIPI: Penyelesaian Konflik Di Papua Tergantung Langkah UP4B

Mahfudz Siddiq mengatakan, masalah Papua adalah persoalan multi dimensi.

 

JAKARTA, Jaringnews.com – Pengamat Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Syamsuddin Haris mengatakan, masalah konflik di Papua bisa diselesaikan. Pembentukan Unit Percepatan Pembangunan Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat (UP4B) yang dikepalai oleh Bambang Darmono bisa dijadikan titik awal.

 

 “Hanya masalahnya, apakah UP4B bisa menjadi pintu masuk bagi penyelesaian Papua ke depan atau tidak,” ujarnya dalam Evaluasi Politik Papua 2011, program kerjasama LIPI dan DPR, di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (13/12).

 

 Dia mengemukakan, penyelesaian persoalan di Papua tergantung langkah-langkah yang diambil UP4B. “Apakah langkah yang dilakukan yakni melalui dialog Papua dan pemerintah. Soal Papua ini, yang penting membangun kesungguhan untuk membangun damai,” ujarnya.

 

 Sementara itu, Ketua Komisi I DPR Mahfudz Siddiq mengatakan, masalah Papua adalah persoalan multi dimensi. Tak hanya masalah politik, tetapi juga menyangkut masalah sosial, budaya, dan ekonomi.

 

 “Namun demikian, faktor politik sensitifitas yang paling tinggi,” terangnya.

 

 Mahfudz mengakui, otonomi khusus (Otsus) yang diberlakukan terhadap Papua masih terbentur dengan berbagai hambatan, di mana Otsus yang diterapkan pada tahun 2001 ini masih jauh dari harapan masyarakat Papua. Dalam hal ini, masih banyak ditemukan keterbelakangan.  

 

 “Indeks pembangunan manusia nyaris tidak berjalan naik, dan ini sesuatu harus dilihat secara serius,” ujar politisi Partai Keadilan Sejahtera ini.

 

 Mahfudz menambahkan, apa yang dilontarkan Presiden SBY menyangkut komunikasi konstruktif harus dapat diterjemahkan oleh masyarakat Papua.

 

 “Maka, yang dibutuhkan sekarang adalah penerjemahan yang jelas, dan roadmap yang terukur tentang kebijakan komunikasi konstruktif tersebut,” ujarnya.

 

http://jaringnews.com/politik-peristiwa/umum/6628/lipi-penyelesaian-konflik-di-papua-tergantung-langkah-up-b

Scroll to Top