muridan widjojo

LIPI: Pemilukada Papua Tertunda, yang Rugi Warganya

Jika KPU tetap bersikeras melakukan penundaan Pemilukada, maka akan semakin panjang masalah kepemimpinan di Papua.


muridan widjojoJAKARTA, Jaringnews.com – Peneliti Senior Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Muridan S. Widjojo menyarankan Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Dewan Perwakilan Rakyat Papua (DPRP) duduk bersama untuk membahas Pemilukada Papua yang tertunda.

 

“Dengan tertundanya Pemilukada di Papua maka akan membuat kerugian masyarakat Papua, karena Gubernur Plt. tidak bisa memutuskan masalah-masalah strategis,” ujar dia di Ruang Komisi I DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (7/6).

 

Menurut dia, jika KPU tetap bersikeras melakukan penundaan Pemilukada, maka akan semakin panjang masalah kepemimpinan di Papua.

 

“Seharusnya, menyangkut Papua adalah daerah khusus maka cara berpikirnya juga harus khusus. Kalau Aceh saja bisa diperlakukan khusus maka sama hal juga dengan Papua,” ungkap dia.

 

Untuk mengatasi masalah Pemilukada di Papua, lanjut dia, mau tak mau KPU bersama dengan Dewan Adat Papua dan DPRP duduk bersama. “Karenanya perlu memperlakukan lex spesialis. Jangan menyeragamkan daerah Otsus seperti daerah lainnya,” imbuh Muridan. (Ral / Nky)

 

Sumber: http://jaringnews.com/politik-peristiwa/umum/16510/lipi-pemilukada-papua-tertunda-yang-rugi-warganya

Scroll to Top