Kontras: Ada Upaya Hambat Dialog Jakarta-Papua

 

KBR68H, Jakarta – Koordinator LSM HAM Kontras Haris Azhar mensinyalir, temuan bom rakitan di kantor sekretariat Komite Nasional Papua Barat adalah upaya menghambat dialog damai Jakarta-Papua.

 

Haris mengatakan, masih banyak pejabat di pemerintah pusat yang tidak menginginkan Papua aman. Alasannya, mereka memiliki kepentingan untuk menguras kekayaan di sana.

 

” Saya khawatir nanti arah pendekatan ke sektor keamanan. Nagera kalau tidak profesional menuju dialog damai seperti ini dan harus bisa di inmvestigasi. Saya khawatir ini menjadi bahan dasar menjadi penundaan dialog damai Jakarta-Papua.”ujar haris Azhar.

 

Koordinator LSM HAM Kontras Haris Azhar khawatir, temuan bom di kantor KNPB kian melegalkan pendekatan sektor keamanan di Bumi Cendrawasih. Peristiwa serupa pernah terjajdi di Aceh.

 

Kepolisian menjerat pelaku pemilik dan penyimpan bom di Papua dengan Undang-Undang Darurat soal kepemilikan senjata dan bahan peledak tanpa izin. Sebelumnya, dua bom siap meledak ditemukan di posko sekretariat Komite Nasional Papua Barat (KNPB) di Kabupaten Jayawijaya, Papua. Dua orang ditetapkan sebagai tersangka penyimpan bom berdaya ledak rendah itu.

 

sumber:http://www.iyaa.com/berita/regional/sulawesi_indonesia_timur/2163133_1197.html

Scroll to Top