SeminarAkhirThn2013 JDP-11

Konflik Papua, Din Syamsuddin: Semua Pihak Mendorong Dialog

SeminarAkhirThn2013  JDP-11Dari kiri ke kanan: Dr Agus Sumule, Prof Dr Din Syamsuddin, Dr Adriana Elisabeth, Sidney Jones dan Dr Muridan S. WidjojoJakarta, MAJALAH SELANGKAH — Ketua Umum Pimpinan Pusat  Muhammadiyah, Din Syamsudin mengatakan, semua pihak bersama-sama mendorong dialog sebagai sarana menyelesaikan konflik di Tanah Papua. Ia menilai dialog adalah sarana penting mempertemukan kedua pihak (rakyat Papua dan Pemerintah di Jakarta)  yang selama ini bermusuhan.

 

Hal dikemukakan, alumnus University of California Los Angeles pada evaluasi akhir dinamika sosial politik dan kebijakan negara di Tanah Papua yang digelar Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, Kajian Politik (LIPI-P2P Kajian Papua) atas kerja sama Jaringan Damai Papua (JDP) dan Yayasan Tifa bertema “Papua Annual Riview 2013: Otsus Plus dan Partisipasi Rakyat Papua”, Kamis (12/12/2013) di Auditorium LIPI Lantai II, Jl. Gatot Subroto Jakarta Pusat.

 

Ia mengajak, lembaga agama berperan aktif untuk mendorong terselenggaranya dialog Jakarta-Papua.

 

Din Syamsuddin yang pernah diundang ke Vatican untuk memberikan ceramah umum tentang terorisme dalam konteks politik dan ideologi ini menyoal isu agama di Indonesia. Kata dia, isu Islamisasi dan Kristenisasi akan menjadi masalah besar di masa depan. Untuk itu, katanya, segera kita tangani.

 

“Kita saling menghargai dan menghormati antar umat beragama,” kata dia seperti dikutip Aktivis HAM Papua di Jakarta, Elias Petege.

 

Diketahui, Din Syamsuddin selama ini dipandang sebagai sosok pemimpin umat Islam bukan hanya karena Din Syamsuddin yang menjabat sebagai Ketua Umum Muhammadiyah, tetapi karena kemampuan yang dimilikinya untuk berdialog dengan seluruh umat beragama baik dengan sesama umat Islam, juga dengan umat beragama lainnya. (GE/MS)

 

Sumber:http://majalahselangkah.com/content/-konflik-papua-din-syamsuddin-semua-pihak-mendorong-dialog

Scroll to Top