ridha saleh

Komnas HAM Jembatani Dialog Jakarta-Papua

ridha salehKBR68H, Jakarta – Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) bakal menjembatani dialog Jakarta – Papua.

Pasalnya menurut Anggota Komnas HAM, Ridha Saleh, selama ini terjadi perbedaan makna antara pemerintah dengan rakyat Papua. Selain itu masih ada kecemasan pemerintah dengan digelarnya dialog itu. Menurut Komnas, Pemerintah kuatir dalam dialog itu, warga Papua akan meminta referendum.

“Setahun lalu itu kan sudah ada satu pertemuan yang digagas Jaringan Damai Papua. Itu mencuatkan beberapa nama sebagai delegasi untuk berdialog. Tetapi pemerintah resisten terhadap itu. Nah itu salah satu indikator pemerintah kita belum menyetujui dialognya itu.”jelas Ridha.

Dialog damai Jakarta Papua sudah didengungkan sejak setahun lalu, namun pemerintah cenderung tak merespon. Sementara itu, selama sebulan terakhir, terjadi lebih dari delapan kasus penembakan dan kekerasan di Papua.

 

Sebelumnya, Koordinator Jaringan Damai Papua meminta Presiden Susilo Bambang Yudhoyono segera membentuk tim dialog Papua yang akan bertugas untuk mengintensifkan dialog dengan berbagai pemangku kepentingan di Tanah Papua dan di Jakarta.

Pembentukan tim ini diperlukan untuk menghentikan berbagai aksi penembakan yang terjadi di Tanah Papua.  Koordinator Jaringan Damai Papua Pater Neles Tebay menyarankan agar Presiden Yudhoyono memilih orang-orang yang integritas kepribadiannya diakui secara nasional, serta dipercayai baik komunitas internasional maupun orang asli Papua.

 

Sumber: http://www.kbr68h.com/berita/papua/27455-komnas-ham-jembatani-dialog-jakarta-papua

 

Scroll to Top