Komnas HAM Dorong Kehadiran Pemerintah Pusat Dalam Dialog Papua Damai

(Jakarta) Komnas HAM mendorong pelaksanaan dialog damai Jakarta-Papua tahun depan. Sejak 2010, pemerintah pusat menolak hadir dalam pertemuan itu. Alasannya, dialog damai hanya untuk memisahkan Papua dari Indonesia. Anggota Komnas HAM Nathalius Pigai mengharapakan, perwakilan dari pemerintah pusat bisa hadir dalam dialog damai di Papua tahun depan. Menurut dia, tema yang diangkat soal evaluasi sistem keamanan dan kesejahteraan bagi masyarakat di sana. 

“Kita akan mendorong dialog damai di Papua secara menyeluruh, kita juga akan membuat Papua sebagai tanah damai. Nanti dalam dialog itu kita bicarakan soal sumbatan hubungan Jakarta-Papua, termasuk soal kesejahteraan, evaluasi pendekatakan keamanan di Papua dan penyelesaian menyeluruh.” kata Nathalius.

Sebelumnya, Kaukus Parlemen Papua dan Jaringan Damai Papua kembali menggagas dialog damai Jakarta-Papua tahun depan. Fokus dialog damai tidak lagi soal refrendum atau merdeka, namun menyoroti kegagalan pembangunan di Bumi Cendrawasih itu. (Nan/Ary)

Sumber:http://kbrpapua.wordpress.com/2012/12/27/komnas-ham-dorong-kehadiran-pemerintah-pusat-dalam-dialog-papua-damai/

Scroll to Top