Komisi I DPRP Desak Pelaksanaan Dialog Jakarta – Papua

Jayapura, Jubi – Komisi I DPR Papua bidang hukum dan HAM mendesak pemerintah pusat segera melaksanakan dialog damai Jakarta – Papua, yang sejak beberapa tahun terakhir digagas Jaringan Damai Papua (JDP).

 

Anggota Komisi I DPR Papua, Ruben Magay mengatakan, ketika menghadiri Natal Nasional di Papua, 27 Desember lalu, Presiden RI Joko Widodo menyatakan akan melaksanakan dialog untuk mencari solusi masalah Papua.

 

“Pemerintah pusat kan sudah memberikan respon. Kini tinggal memastikan kapan pelaksanaannya. Ini harus ada kejelasan. Jangan sampai berlarut-larut,” kata Ruben Magay, Selasa (6/1).

 

Menurutnya, dialog damai sudah digagas sejak jaman Presiden RI sebelumnya, Susilo Bambang Yudhono (SBY). Namun kala itu, SBY tak memberikan respon positif.

“Pahal konsepnya ketika itu sudah dibawa ke Jakarta. Kini masyarakat Papua merespon dialog itu dengan baik. Kini tinggal bagaimana Jakarta melihat dari sudut padang mana,” ucapnya.

 

Sementara Ketua Komisi A DPR Papua, Elvis Tabuni mengatakan, jika pemerintah pusat benar ingin melaksanakan dialog damai, harus melibatkan pihak ketiga yang netral.

“Harus melibatkan negara lain yang netral sebagai ‘wasit’. Jangan hanya bicara ke tokoh-tokoh tertentu,” kata Elvis Tabuni. (Arjuna Pademme)

 

Sumber: http://tabloidjubi.com/2015/01/06/komisi-dprp-desak-pelaksanaan-dialog-jakarta-papua/

Scroll to Top