img 0949

Ketua Komisi I: Separatis Papua Bermanuver di LN, Harus Dihentikan

img 0949Ketua Komisi I DPR Mahfudz Siddiq (Foto:Google)Jakarta – Pemimpin gerakan Papua Barat merdeka Benny Wenda muncul di Sydney, Australia dan berpidato meminta bantuan negeri Kangguru. Ketua Komisi I DPR Mahfudz Siddik meminta pemerintah berupaya menghentikan manuver separatis Papua tersebut.

 

“Aktivis Papua merdeka sedang perkuat manuver di LN karena solusi dalam negeri yang berlarut-larut. Gerakan ini jelas separatisme yang bisa saja diselesaikan secara pendekatan keamanan,” kata Mahfudz kepada detikcom, Senin (13/5/2013).

 

Namun Presiden SBY, menurut Mahfudz, memilih jalan damai. Dia menekankan pemerintah tetap harus bergerak cepat, karena ini sudah bentuk perlawanan terhadap NKRI.

 

“Tapi presiden SBY sudah tekankan bentuk penyelesaiandamai melalui komunikasi konstruktif. Formula komprehensif dan realisasinya yang sudah lama ditunggu,” katanya.

 

Mahfudz melanjutkan, LIPI dan JDP sudah menggagas Indikator Papua Damai yang bisa jadi referensi pemerintah dan juga semua unsur di Papua. Penting sekali pemerintah segera mengambil tindakan terkait gerakan yang menganggu stabilitas nasional ini.

 

“Jika pemerintah segera bergerak itu otomatis akan persempit ruang-gerak aktivis Papua merdeka di LN,” tegasnya.

 

Sumbe:http://news.detik.com/read/2013/05/13/115450/2244020/10/ketua-komisi-i-separatis-papua-bermanuver-di-ln-harus-dihentikan?9922022

Scroll to Top