intimidasi-papua

Kaukus Papua Tagih Janji SBY Gelar Dialog

intimidasi-papuaKBR68H, Jakarta – Kaukus Papua DPR mendesak Presiden Yudhoyono merealisasikan janjinya untuk menggelar dialog Jakarta – Papua.

 

Ketua Kaukus Papua DPR, Paskalis Kosay mengatakan, dialog perlu dilakukan untuk menjaring aspirasi rakyat papua. Terlebih pasca terjadinya insiden penembakan secara beruntun di Papua yang menimpa warga sipil dan turis asing. Ia juga menilai, ketakutan Presiden Yudhoyono atas keinginan referendum jika dialog Jakarta Papua digelar tidak bisa dibuktikan.

 

“Dan itu diperkuat oleh analisis intelijen yang rupanya disampaikan ke SBY, tapi saya pikir kalau kita tidak lakukan seperti itu kondisi papua tetap panas, kita tidak ingin keinginan seperti apa, kemudian buru-buru divonsi kalau terjadi akan ada hal-hal begitu, sebetulnya keliru juga.”ungkap Paskalis.

 

Dialog damai Jakarta Papua sudah didengungkan sejak setahun lalu namun urung dijalankan pemerintah dengan alasan akan munculnya reaksi referendum. Sementara itu, selama sebulan terakhir, terjadi lebih dari delapan kasus penembakan dan kekerasan di Papua.

 

Sejumlah orang tewas, kebanyakan warga sipil. Terakhir kasus penembakan yang menimpa seorang tukang ojek yang juga security mol Jayapura bernama Tri Sarono terjadi pada Minggu malam di halaman parkir Gedung FKIP Universitas Cendrawasih, Jayapura.

 

Sumber: http://www.kbr68h.com/berita/papua/27446-kaukus-papua-tagih-janji-sby-gelar-dialog

Scroll to Top