Kapan Dialog Papua Jakarta dilaksanakan

Pertanyaan terkait kapan dialog dilaksanakan masih menjadi pergumulan Jaringan Damai Papua (JDP). Di dalam evaluasi yang dihadiri oleh para anggota JDP baik di Papua maupun Jakarta pada Jumat – Sabtu (25 – 26 April 2014) di Sentani terungkap beberapa hal penting terkait perkembangan isu dialog dan perjalanan JDP. Selama dua hari tersebut ada beberapa hal yang menjadi evaluasi JDP untuk mendorong dialog damai antara Papua dan Jakarta. Jaringan Damai Papua sepakat ada 4 hal yang menjadi prioritas dalam evaluasi yakni, 1) jaringan, 2) pemahaman dialog, 3) konsep Papua Tanah Damai, 4) komunikasi/koordinasi internal dan 5) bagaimana JDP ‘go public’.

 

Membangun jaringan dan sahabat sebanyak mungkin merupakan perhatian dari JDP. “Jaringan dan sahabat yang sudah dimiliki ini harus diperluas dan diperbanyak, sehingga banyak orang yang tahu dan mendorong dialog. Kita menyadari bahwa kita perlu rekrut anggota-anggota baru”, ungkap Koordinator JDP Pastor Dr. Neles Kebadabi Tebay, Pr. Hal senada juga disampaikan oleh Direktur Imparsial Poengky Indarti. Menurut Poengky, “kita perlu membangun relasi dan hubungan yang baik dengan orang Papua diaspora, orang Papua yang ada di luar negeri untuk mendorong isu dialog ini.

 

”Terkait dengan pemahaman makna dan isi dialog, anggota JDP perlu memahami dengan baik dan benar isinya. Hal ini dimaksudkan agar ketika di dalam sosialisasi dan internalisasi makna dan isi dialog tidak terjadi kesalahapahaman. Semua anggota dan sahabat JDP perlu memiliki makna dan isi dialog damai yang sama sehingga masyarakat tidak menjadi binggung dan beda persepsi tentang dialog. “Semua anggota JDP berhak memiliki informasi dan kerja-kerja JDP sehingga makna dan isi dialog tidak berbeda antara satu anggota dengan anggota yang lain”, kata Max Binur anggota JDP Raja Ampat. Para anggota JDP dapat memanfaatkan media-media yang ada. Menanggapi hal ini, Staf SKPKC Fransiskan Papua Bernard Koten mengatakan, selain buku yang sudah ditulis dan dibagikan, salah satu media yang mudah dipahami dan dimengerti oleh masyarakat asli adalah media audio visual. Para anggota JDP dapat memanfaatkan penjelasan dan makna dialog oleh Pastor Neles Tebay, Pr melalui video-video dialog yang sudah dibuat.

 

Isu dialog masih terbatas pada level atau pihak yang tahu membaca, menulis dan para akamedisi. Bagi kalangan masyarakat akar rumput, dialog masih dipahami sebagai sebuah hal yang baru. Masyarakat asli yang berada di kampung-kampung belum memahami dengan baik tentang dialog tersebut. Hal ini menjadi tugas dan tanggung jawab para anggota dan sahabat JDP. Evaluasi ini menunjukan bahwa para anggota JDP perlu serius dan menyampaikan isu dialog kepada semua masyarakat di Papua, Indonesia dan Internasional. “Kehadiran kita selama dua hari ini menunjukan komitmen kita bahwa kita mau meneruskan perjuangkan dari Muridan demi kebaikan dan kedamaian di Papua ini. Kita juga harus mampu meyakinkan pihak-pihak yang menolak dialog seperti yang telah kita sampaikan selama evaluasi ini. Bagaimapun caranya kita harus mampu meyakinkan mereka”, tegas Pastor Neles Tebay, Pr.

 

Dialog merupakan media/sarana yang ditawarkan untuk mencari persoalan yang berkepanjangan di Tanah Papua. Di dalam proses dialog semua orang saling menghargai dan menerima. Dialog adalah media untuk mencari solusi demi terwujudnya Papua sebagai tanah kedamaian bagi semua orang. Kapan dilaksanakan, bagaimana format, siapa fasilitator dan di mana tempat pelaksanaan dialog hanya bisa ditentukan oleh kedua belah pihak yang selama ini berkonflik. Jaringan Damai Papua hanya mendorong dan meyakinkan kepada kedua belah pihak bahwa dialog adalah media yang tepat dan bermartabat mencari solusi persoalan di Tanah Papua. Usaha untuk mendorong dialog harus melibatkan semua komponen di Papua seperti pemerintah, agama dan adat. Dengan demikian dialog menjadi milik bersama bukan milik salah satu kelompok saja untuk mencari kepuasan pribadi.  Bernard Koten Staf SKPKC Fransiskan Papua

 

Sumber:http://www.fransiskanpapua.net/2014/05/1314/kapan-dialog-papua-jakarta-dilaksanakan.php

Scroll to Top