JPD Gelar Seminar Jaring Aspirasi Dan Pendapat Tentang Papua Tanah Damai

Merauke, InfoPublik – Dalam rangka menjaring aspirasi dan pendapat berbagai stakeholder tentang Papua Tanah Damai, Jaringan Papua Damai (JPD) menggelar seminar dan lokakarya di Merauke selama dua hari yang dimulai, Selasa (26/5).

 

Ketua Jaringan Papua Damai Dr. Pater Neles Tebay, Pr, ditemui di sela-sela kegiatan tersebut mengungkapkan, seminar dan lokakarnya Papua Tanah Damai yang digelar di Merauke ini merupakan yang pertama yang dimulai dari wilayah Adat Ha Anim. ‘’Juni besok, kita akan gelar kegiatan yang sama di wilayah adat lainnya di Papua,’’ katanya.

 

Dikatakan, seminar dan lokakarya ini dalam rangka sosialisasi Papua Tanah Damai tapi juga mengajak dan melibatkan semakin banyak tokoh-tokoh masyarakat untuk berpikir tentang bagaimana menciptakan Papua sebagai tanah damai.

 

‘’Jaringan Papua damai menfasilitasi pertemuan ini ,mengundang berbagai macam suku, agama untuk datang sama-sama menggumuli tentang upaya mewujudkan Papua sebagai tanah damai. Karena Papua tanah damai ini merupakan hasrat dan idaman semua orang. Semua orang mau supaya kehidupan yang damai. Karena itu kita libatkan semua orang,’’ katanya.

 

Dijelaskan lebih jauh, pihaknya mengundang banyak orang untuk mau mendengarkan dan mengajak mereka apa seperti apa pandangan mereka tentang Papua tanah damai. Sekaligus merumuskan secara bersama.

 

Diharapkan juga bisa menyampaikan hal-hal apa yang menghambat perdamaian itu, sehingga masalah-masalah tersebut tidak digumuli sendiri tapi menjadi masalah semua orang sehingga semua penduduk mengetahui masalah itu dan memikirkan bagaimana solusinya. Dalam prosesnya nanti, jelas Pater Neles Tebay, akan melibatkan para ahli di bidangnya masing-masing.

 

‘’Semua aspirasi dan pendapat masyarakat dari seluruh wilayah adat itu kita rekam dan kita akan kembalikan pada saat Konfrensi Perdamaian Rakyat Papua yang akan digelar oleh JPD pada akhir Agustus atau akhir September nanti di Jayapura,’’ tambahnya. (02/mcmerauke/Kus)

 

Sumber:http://infopublik.id/read/116496/jpd-gelar-seminar-jaring-aspirasi-dan-pendapat-tentang-papua-tanah-damai.html

Scroll to Top