JDP Tak Pastikan Hasil Dialog Jakarta-Papua

Jayapura, 15/4 (Jubi) – Pastor Neles Tebay, penggagas dialog Jakarta-Papua dari Jaringan Damai Papua (JDP) mengatakan, kalau dialog Jakarta-Papua tidak dapat memastikan hasil jika kedua pihak, yakni konstestan politik dari Papua dan pemerintah pusat belum bertemu.

 

“Tapi menjelang Pilpres 2014 ini, diharapkan berbagai konstestan politik di Papua dan seluruh lapisan masyarakat mendorong wacana dialog Jakarta-Papua,” kata Pastor Neles di Aberpura, Kota Jayapura, Papua, Senin (15/4).

 

Menurutnya, banyak pihak di Papua dan Jakarta sudah menerima gagasan dialog setelah kampanye Jaringan Damai Papua (JDP). “Semua mereka menghendaki agar konflik Papua diselesaikan bukan melalui kekerasan melainkan melalui dialog,” katanya.

 

Untuk dialog, kata Pastor Neles, mereka menyebutnya dengan istilah berbeda-beda seperti komunikasi konstruktif, perundingan, dan negosiasi. “Tapi intinya adalah semua pihak menghendaki agar konflik Papua dituntaskan melalui suatu pembicaraan damai antara pihak-pihak yang bertikai selama ini,” ungkapnya.
 

Lanjut dia, konflik antara pemerintah Indonesia dan orang asli Papua belum tuntas. “Konflik ini dapat terlihat pada beberapa indikor seperti adanya pengibaran bendera Bintang Kejora dan adanya tuntutan Papua merdeka,” jelas Pastor Neles, pemenang Tji Haksoon Justice and Peace Award ini.

 

Terkait penghargaan oleh Yayasan Tji Haksoon di Seoul, Korea Selatan pada 13 Maret 2013, dia menjelaskan penghargaan tersebut diberikan karena mendorong pembicaraan damai (peace talk).“Tapi dialog Jakarta-Papua belum terlaksana. Kekerasan masih terus berlansung,” ungkapnya. (Carol/Jubi)

 

Sumber:http://tabloidjubi.com/2013/04/15/jdp-tak-pastikan-hasil-dialog-jakarta-papua/

Scroll to Top