JDP Sambut Baik dan Dukung Pangdam XVII Cenderawasih Gelar Dialog Selesaikan Konflik Bersenjata di Tanah Papua

TOP-NEWS.id, MANOKWARI-Jaringan Damai Papua (JDP) menyambut baik keinginan dan dukungan Panglima Kodam (Pangdam) XVII Cenderawasih Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono yang mendukung penyelenggaraan dialog sebagai jalan bagi penyelesaian konflik bersenjata di Tanah Papua.

Konflik bersenjata di Tanah Papua sudah berlangsung lebih dari 50 tahun sejak 1963 hingga kini. Banyak sudah korban berjatuhan, baik dari kalangan aparat keamanan (TNI dan Polri) maupun dari kalangan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB).

Bahkan, seringkali menyebabkan jatuhnya korban di pihak rakyat sipil. JDP senantiasa mendorong ditempuhnya jalan damai melaui penyelenggaraan dialog yang melibatkan berbagai pihak yang diduga keras dan faktual menjadi pihak dalam konflik yang sudah berkepanjangan tersebut.

Juru Bicara (Jubir) Advokat Yan Christian Watinussy dalam keterangan tertulis, Senin (15/11/2021) malam menjelaskan bahwa JDP pernah menyusun sejumlah indikator mengenai Papua Tanah Damai.

“Indikator dimaksud merupakan indikator versi masyarakat Papua. Di mana JDP telah membuat 10 nilai dasar, yaitu keadilan dan kebenaran, partisipasi, rasa aman dan nyaman, harmoni/keutuhan, kebersamaan dan penghargaan, pengakuan dan harga diri, komunikasi dan informasi yang benar/, kesejahteraan, kemandirian dan kebebasan,” kata Yan menerangkan.

JDP sungguh yakin bahwa apabila 10 nilai dasar di atas diwujudkan dalam kehidupan sosial-ekonomi, kehidupan sosial dan lingkungan hidup, sosial-politik, sosial budaya, hukum dan hak asasi manusia (HAM) serta keamanan.

JDP sangat yakin apabila ke-10 nilai dasar divatas dipahami bersama dan hendak ditindaklanjuti dalam langkah penyelesaian konflik di Tanah Papua, maka akan dapat terjadi pembobotan tentang langkah-langkah dialog Papua-Jakarta itu sendiri.

JDP juga yakin bahwa dukungan Pangdam XVII Cenderawasih ini akan menjadi langkah awal ke arah dimulai proses penyelesaian konflik sosial, politik, ekonomi dan hukum serta HAM.

JDP bersedia memfasilitasi segenap upaya dialog, termasuk dari Pangdam XVII Cenderawasih. Dialog yang melibatkan para pihak, seperti pemerintah, TNI dan Polri serta Tentara Pembebasan Nasonal Papua Barat (TPN PB).

Diharapkan dialog damai di Tanah Papua segera tercapai dengan selalu melibatkan JDP sebagai fasilitator dialog Jakarta-Papua.

Editor: Frifod

Sumber berita: https://www.top-news.id/?p=5174

Scroll to Top