JDP gandeng Kaukus Parlemen Papua Gagas Dialog Damai

Jakarta-Zona Damai: Jaringan Damai Papua (JDP) kembali akan menggelar dialog damai Jakarta-Papua tahun depan (2013). Kali ini JDP akan menggandeng Kaukus Parlemen Papua untuk mengulang forum yang sama yang digelar Juli tahun lalu.

 

Dialog kali ini akan lebih fokus menyoroti kegagalan pembangunan di Tanah Papua, dan bukan kepada tuntutan referendum atau merdeka.

 

Menanggapi hal itu, Direktur Eksekutif Imparsial Poengky Indarti mengatakan, dialog yang digagas Kaukus Parlemen Papua dan Jaringan Damai Papua ini bukan untuk memisahakan Papua dari Indonesia. Namun, menyuarakan langsung aspirasi masyarakat ke pemerintah pusat.

 

“Timor-Timur dari dulu status internasionalnya tidak diakui berada di Indonesia, beda dengan Papua yang sudah diakui PBB berada di Indonesia sejak 1969. Indonesia terikat untuk melaksanakan konvensi HAM, Indonesia harus aktif dan mau untuk duduk satu meja dengan masyarakat Papua.”ujar Poengky

 

Poengky meminta Pemerintah proaktif terhadap agenda damai itu, serta meminta Komnas HAM mendorong pelaksanaan dialog damai Jakarta-Papua tahun depan.  [***]

 

source:http://zonadamai.wordpress.com/2012/12/28/jdp-gandeng-kaukus-parlemen-papua-gagas-dialog-damai/

Scroll to Top