Sekda: Dialog Belum Tentu Bisa Selesaikan Masalah Papua

Jayapura, 5/5 (Jubi) – Sekertaris Daerah (Sekda) Provinsi Papua, Hery Dosinaen mengatakan, dengan dialog belum tentu bisa menyelesaikan masalah Papua. Semua orang mengatakan harus berdialog, tetapi apakah dengan dialog bisa selesaikan masalah yang selama ini terjadi di provinsi paling Timur di Indonesia ini.“Di Papua masalahnya bukan hanya kesejahteraan, kesehatan dan pendidikan saja, tapi banyak masalah.

 

Untuk itu, bagaimana kita menata dan mendirikan satu pondasi pembangunan yang kuat untuk pembangunan Papua kedepan,” kata Sekda Papua Hery Dosinaen kepada wartawan, di Jayapura, Papua, Senin (5/5).

 

Bagaimana kita berbicara kemiskinan dan berbagai keterbelakangan yang ada di Papua, tentunya semua itu harus dilihat secara komperensif. Oleh karena itu, Pemerintahan Papua di bawah kepemimpinan Gubernur Lukas Enembe dan Wakil Gubenrur Klemen Tinal, sedang membangun suatu pondasi pembangunan untuk menata pembangunan Papua kedepan.“Jadi, dengan dialog belum tentu menyelesaikan masalah yang bermuara kepada kesejahteraan masyarakat, yang selama ini sumber daya alam kita semua tersedot karena kita tidak punya regulasi yang jelas.

 

Karena itu, dalam Undang-Undang Pemerintahan Otsus di Tanah Papua, telah dirumuskan semua regulasi-regulasi yang terkait dengan kewenangan pengelolaan sumber daya alam di tanah Papua,” jelasnya.Sebelumnnya, Gubernur Papua Lukas Enembe mengatakan, tuntutan dialog Jakarta-Papua yang diinginkan rakyat Papua terhadap pemerintah Pusat saat ini sudah tidak diperlukan lagi, namun yang terpenting, bagaimana pemerintah pusat dapat memberikan kesejahteraan kepada masyarakat Papua.

 

“Istilah dialog untuk membangun komunikasi dengan Pemerintah Pusat sepertinya tidak cocok. Oleh karena itu, dalam Undang-Undang Pemerintahan Otsus di Tanah Papua kami sudah minta semua kewenangan dikembalikan ke Papua,” kata Gubernur Lukas Enembe.(Jubi/Alex)

 

Sumber:http://tabloidjubi.com/2014/05/05/sekda-dialog-belum-tentu-bisa-selesaikan-masalah-papua/

Scroll to Top