images

Imparsial : Presiden Bertanggung Jawab Lindungi Rakyat di Papua

 

imagesJAYAPURA- Rangkaian aksi penembakan misterius terus terjadi di Tanah Papua, seiring dengan itu korban masyarakat tak berdosa juga terus berjatuhan. LSM Pemerhati HAM Imparsial menuntut Presiden bertanggung jawab atas keselamatan rakyat di Papua.  “Tindakan pembunuhan misterius, yang memakan nyawa korban tak berdosa harus segera dihentikan. Presiden SBY bertanggung jawab terhadap perlindungan dan keselamatan nyawa rakyat di Papua,”tegas Direktur Eksekutif Imparsial Poengki Indartis, melalui pesan singkatnya, Senin 11 Juni. 
Menurutnya, Presiden harus segera turun tangan dengan memangggil jajarannya yang berhubungan dengan keamanan. “SBY harus segera panggil Kapolri, Panglima TNI, Ka-BIN dan  Mendagri, beserta pejabat terkait dari Papua yaitu Penjabat Gubernur, Kapolda dan Pangdam. Ada indikasi Ketiadaan gubernur definitif membuat oversight pergerakan pasukan tidak terkontrol di Papua. Situasi seperti ini tidak bisa dibiarkan,”ucapnya. Presiden juga harus segera mempersiapkan dialog Jakarta-Papua untuk mengetahui persoalan Papua sebenarnya dan mencari solusinya.  “Imparsial mendesak  SBY  untuk segera mempersiapkan dialog Jakarta-Papua, guna bisa mengurai benang kusut permasalahan di Papua,”tandasnya. 
Imparsial menduga situasi di Papua akhir-akhir ini ada juga kaitan dengan prose Pemilukada Gubernur yang sedang berjalan.  “Kami menduga aksi-aksi ini sekalian pra-kondisi sebelum pemilukada, mengingat aksi serupa juga dulu berlangsung di Aceh jelang pemilukada. Ini mainan lama kelompok kepentingan di Jakarta yang memanfaatkan kerentanan daerah untuk kepentingan mereka yang lebih besar di 2014,”paparnya.(jir/don/l03)


http://bintangpapua.com/headline/23675-imparsial–presiden-bertanggung-jawab-lindungi-rakyat-di-papua#CommentForm

Scroll to Top