suku Papua

Imparsial: Konflik Papua Bisa Meluas “Konflik Papua telah berlangsung lama hingga sekitar 50 tahun.”

suku PapuaVIVAnews – Lembaga pemerhati HAM, Imparsial, menilai konflik berkepanjangan yang terus melanda Papua berpotensi melibatkan kekuatan asing. Maka itu, harus segera dicari solusi penyelesaiannya segera dengan cara menggelar dialog antara pemerintah pusat dan masyarakat Papua.

 

“Konflik Papua berpotensi meningkat ke tahaphigh intensity bilamana tidak ada resolusi segera,” kata Poengky Indarti melalui pesan elektroniknya, Senin 14 November 2011.

Menurut Poengky, konflik Papua telah berlangsung lama hingga sekitar 50 tahun. Belakangan ini, eskalasinya meningkat tajam seiring dengan munculnya berbagai gejolak politik dan keamanan.

“Secara teoritis, konflik di Papua telah memasuki tahapan konflik yang sangat serius, yakni bukan lagi pada tingkat low intensity, melainkan sudahmiddle intensity,” kata Poengky. “Akibatnya, konflik Papua akan bereskalasi menjadi konflik yang berpotensi melibatkan kekuatan asing.”

Poengky melanjutkan, konflik Papua sangat potensial memasuki tahapan high intensity bila mempertimbangkan dua hal berikut. Pertama, gerakan sipil bersenjata telah muncul dan diikuti dengan gerakan politik dengan tuntutan referendum dan dialog politik.

Kedua, kata dia, para aktornya berasal dari generasi ketiga konflik di Papua. Hal ini memproyeksikan konflik berpotensi untuk berkelanjutan. “Melihat gejala yang ada saat ini, konflik akan terus berkepanjangan dan meluas jika tidak secepatnya dicarikan solusi damai,” kata dia.

Poengky melanjutkan, Forum Akademisi untuk Papua Damai terpanggil untuk mencari mekanisme resolusi konflik dari perspektif perdamaian. Resolusinya adalah meminta para pihak terkait segera merumuskan dan menyepakati mekanisme dialog dalam resolusi konflik Papua.

“Ini sebagai langkah awal untuk memulai dialog. Kedua, meminta para pihak terkait untuk memprakondisikan dan menjadwalkan dialog yang akan dilangsungkan,” ucap Poengky.

Laporan: Banjir Ambarita | Papua

 

• VIVAnews

 

Sumber:
http://nasional.vivanews.com/news/read/264132-imparsial–konflik-papua-sudah-50-tahun

Scroll to Top