DPR-RI

DPR RI Sepakat Bentuk Panja Papua

DPR-RIJakarta-Zona Damai: Inisiatif membentuk panitia kerja (panja) untuk mengatasi permasalahan di Papua, mendapat dukungan seluruh fraksi yang ada di Komisi I. Bahkan seluruh anggota telah menyatakan kesepakatannya untuk membentuk panja tersebut.

 

“Mudah-mudahan ya 1 – 2 Minggu inilah (terbentuk),”terang Ketua Komisi I DPR, Mahfudz Siddiq, dalam diskusi Papua yang Tak Kunjung Reda di Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (16/6/2012).

 

Dikatakannya, seluruh fraksi yang ada di Komisi I secara prinsip dalam pembicaraan informal menyatakan sepakat. Meski dalam prosesnya masih memerlukan langkah demi langkah untuk mewujudkan panja tersebut. Selain antar fraksi, pihaknya juga sudah melakukan komunikasi informal ke pemerintah dan pihak-pihak terkait. Karenanya Mahfudz optimis dalam beberapa hari ke depan panja akan benar-benar terwujud.

 

Mengenai maksud dan tujuan pembentukan panja, tambah dia, diharapkan hasilnya dapat mendorong pemerintah untuk sesegera mungkin memiliki kebijakan dan roadmap tentang penyelesaian Papua secara komprehenship dan damai.

 

“Tidak seperti sekarang yang sektoral, parsial, yang justru menimbulkan masalah-masalah baru di Papua,”ucap Mahfudz.

“Panja inI tidak difungsikan untuk menginvestigasi kasus, karena kalau sudah banyaklah kita sudah dapat informasi dari berbagai kalangan,”sambungnya.

 

Ditegaskannya, pembentukan panja ini sekaligus mengantisipasi dari adanya akumulasi ketidakpercayaan masyarakat yang semakin hari terus membesar dan tidak terbendung. Karenanya satu-satunya opsi yang harus diambil adalah mendorong pemerintah agar lebih serius menangani masalah Papua.[INILAH.COM]

 

Sumber: http://zonadamai.wordpress.com/2012/06/17/dpr-ri-sepakat-bentuk-panja-papua/

Scroll to Top