DPR Pertanyakan Dialog Damai Pemerintah tentang Papua

 

JAKARTA–MICOM: Ketua Komisi I DPR RI Mahfudz Siddiq mempertanyakan komitmen untuk mewujudkan dialog damai yang akan digagas pemerintah terkait sejumlah kasus kekerasan di Papua.

Menurutnya, pemerintah harus segera mengambil langkah karena masyarakat masih menunggu.

“Sekarang pemerintah harus mengambil langkah tegas. Coba konsolidasi gagasan damai dan segera diselesaikan. Kalau enggak ini bom waktu,” kata Mahfud saat ditemui di gedung DPR, Jakarta, Senin (11/6).

Menurutnya, setelah melakukan dialog dengan sejumlah pihak dalam kunjungan ke Papua pekan lalu, Komisi I berkesimpulan solusi damai untuk berdialog harus segera diambil langkah seperti siapa yang akan memulai.

Mahfudz mengatakan isu kesejahteraan kini sudah bukan lagi isu pokok yang dipermasalahkan Papua tetapi sudah beralih ke tema politik tentang pelurusan sejarah integrasi dan Pepera.

“Tim menilai bahwa pemerintah pusat perlu segera merumuskan peta jalan menuju dialog. Instruksi Presiden SBY tentang komunikasi konstruktif pada November 2011 telah lama ditunggu realisasinya oleh masyarakat di papua,” imbuhnya.

Politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu mengatakan masalah Papua harus diselesaikan sebelum berakhirnya pemerintahan Presiden SBY di 2014. Jika berhasil diselesaikan, ini akan menjadi capaian politik luar biasa bagi pemerintahan SBY-Budiono. (*/OL-5)

 

http://www.mediaindonesia.com/read/2012/06/11/325501/284/1/DPR-Pertanyakan-Dialog-Damai-Pemerintah-tentang-Papua

Scroll to Top