DPR Papua Desak Pelaksanaan Dialog Jakarta – Papua

Jayapura, Jubi – Pihak DPR Papua kembali mempertanyakan komitmen Presiden RI Jokowi menggelar dialog damai Jakarta – Papua. Parlemen setempat mendesak Jokowi segera mewujudkan dialog damai yang sejak beberapa tahun digagas Jaringan Damai Papua (JDP).

Anggota Komisi I DPR Papua bidang Politik, Hukum dan HAM, Ruben Magay mengatakan, Jokowi perlu segera menggelar dialog seperti janjinya kepada masyarakat Papua ketika ia merayakan Natal di Bumi Cenderawasih pada 27 Desember 2014 lalu.

“Hingga tak ada kepastian kapan dialog dilakukan. Kami DPR Papua mempertanyakan itu. Sebaiknya Jokowi segera menetapi janjinya. Jangan sampai masyarakat Papua hilang kepercayaan padanya,” kata Ruben Magay,
Kata Magay, jangan sampai Jokowi sama seperti Presiden RI sebelumnya, Susilo Bambang Yudhoyono. Katanya, kala itu SBY juga pernah menyampikan hal yang sama. Namun hingga akhir masa jabatannya selama dua periode, dialog damai tak kunjung terlaksana.

“Kalau Jokowi benar – benar serius menggelar dialog, harusnya sudah ada gambaran model dialog yang akan dilakukan. Siapa saja yang dihadirkan. Apakah ada pihak ketiga? Jangan dia diamkan begitu saja. Dialog penting untuk menyelesaikan semua masalah Papua,” ucapnya.

Sebelumnya, anggota DPR Papua lainnya, Nioluen Kotouki juga menyatakan hal yang sama. Katanya, Presiden Jokowi sudah menyatakan akan melaksanakan dialog damai. Namun hingga kini, belum ada kepastian kapan agenda itu dilakukan.

“Kini yang jadi pertanyaan, kapan pelaksanaannya? Sudah banyak orang Papua yang ditangkap karena dianggap bagian dari kelompok bersenjata,” kata Kotouki kala itu. (Arjuna Pademme) Selasa (10/3/2015).

Sumber:http://tabloidjubi.com/2015/03/10/dpr-papua-desak-pelaksanaan-dialog-jakarta-papua/

 

Scroll to Top