DPR Nilai Masalah Papua Bergeser ke Politik

 Jakarta: Masalah Papua dinilai sudah bergeser dari isu kesejahteraan ke politik. Komisi I DPR RI mendorong pemerintah agar secepatnya menyelesaikan kasus Papua secara komprehensif dan damai.

 

“Bila masalah Papua tidak selesai sebelum 2014, maka isu Papua mulai bergeser dari masalah kesejahteraan ke masalah politik,” kata Ketua Komisi I DPR Mahfudz Siddiq di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (3/10).

 

Menurut Mahfuz, pemerintah belum menunjukkan kemajuan yang berarti serta tak memunyai desain dalam menyelesaikan masalah Papua. Begitu juga dengan akselerasi dari Percepatan Pembangunan Papua dan Papua Barara (P4B).

“Ini membuka ruang kristalisasi bagi unsur politisasi dan akan timbulkan kekerasan,” kata Mahfudz.

 

Komisi I DPR RI sudah mengultimatum pemerintah dan P4B untuk segera menyelesaikan masalah Papua dengan membentuk panitia kerja (panja).

 

“Kita sudah sampaikan ultimatum tapi tak ada langkah dari pemerintah sehingga kita membentuk Panja. P4B kayak selang infus yang macet. Mereka tak punya konsep apapun untuk selesaikan masalah Papua,” kata dia.

 

Siang hari ini, Komisi I dan III DPR RI akan menggelar rapat gabungan dengan jajaran Kementerian Koordinator Politik Hukum dan Keamanan siang ini.

 

“Komisi III DPR RI akan membahas politik anggaran untuk sektor keamanan. Sementara Komisi I khusus bicarakan progres penyelesaian masalah Papua dan minta penjelasan kepada pemerintah soal penyelesaian Papua,” kata politikus PKS ini.(Andhini)

Sumber:http://www.metrotvnews.com/metronews/news/2012/10/03/108407/DPR-Nilai-Masalah-Papua-Bergeser-ke-Politik/1

Scroll to Top