Waket-I-DPRP-Yunus-Wonda.-JUBI.-Arjuna

Yunus Wonda: Siapa Pun Presiden RI, Sulit Wujudkan Dialog Papua

Waket-I-DPRP-Yunus-Wonda.-JUBI.-ArjunaKetua I-DPRP-Yunus-Wonda.- doc jubi.Jayapura, 4/8 (Jubi) – Wakil Ketua I DPR Papua, Yunus Wonda, menyatakan siapa pun Presiden Indonesia ke depan akan sulit mewujdukan dialog Jakarta – Papua.

 

 â€œSaya menilai hanya satu cara untuk menyelesaikan sejumlah masalah dan memajukan rakyat Papua yakni dengan berdialog. Namun, itu juga sulit terlaksana. Saya yakin siapa pun presiden, agak berat mengambil risiko tersebut karena ini berkaitan erat dengan politik,” kata Yunus Wonda, Senin (4/8).

 

Menurutnya, dialog bukan berarti bicara Papua Merdeka atau NKRI harga mati, tetapi  bagaimana pemerintah pusat dan orang Papua duduk bersama mencari solusi masalah di Papua selama ini.“Kami  semua mengharapkan itu. Sebenarnya ada ruang untuk dialog, tetapi selama ini belum dilakukan.

 

Kalau Aceh saja bisa dialog lewat perjanjian Helsinki, mengapa Papua tidak bisa? Jadi harus ada keberanian pemerintah pusat melakukan seperti itu,” ujarnya.Yunus Wonda mengatakan, hanya orang Papua sendiri yang bisa menyelesaikan masalah di Papua.Tidak bisa bergantungan kepada siapa pun.Dialog Jakarta – Papua yang dimotori Jaringan Damai Papua (JDP) digagas sejak beberapa tahun lalu. Namun, hingga kini hal itu juga kunjung terlaksana.

 

Sejumlah pihak ikut menyatakan dukungan digelarnya dialog damai itu. Salah satunya adalah Jaringan Antar Iman Indonesia (JAII).Dalam suatu kesempatan, koordinator JAII Elga Sarapung menyatakan, pihaknya mendukung terwujudnya dialog damai Jakarta-Papua.“Kami mendukung dialog secara kontinu.JAII berharap dialog Jakarta-Papua bisa terwujud, meski pihaknya menyadari masih terjadi perbedaan dan masih sebatas wacana. Belum ada langkah nyata dari pemerintah,” ujar Elga pertengahan Mei lalu. (Jubi/Arjuna)

 

Sumber:http://tabloidjubi.com/2014/08/04/yunus-wonda-siapa-pun-presiden-ri-sulit-wujudkan-dialog-papua/

Scroll to Top