Dialog Sebagai Pintu Masuk Pembangunan Manusia

Oleh: Silvester Bobii

 

Dialog Sebagai Pintu Masuk Pembangunan ManusiaDialog merupakan pintu masuk penyelesaian konflik demi pembangunan kemanusiaan yang bermartabat.

Dialog merupakan pembicaraan langsung antar kedua belah pihak atau lebih demi mencari perubahan bersama bukan kepentingan sepihak karena ada dan terjadi konflik dalam hidup. Secara etimologisnya dialog berasal dari bahasa Yunani, Dia-Logos artinya bicara diantara kedua belah pihak.

Selain itu pula makna dialog diartikan sebagai suatu percakapan, sandiwara dan cerita serta sebuah karya tulis yang disajikan dalam bentuk percakapan antara dua tokoh atau lebih untuk membangun manusia. Sebab dialog merupakan suatu relasi tatap muka langsung antara manusia dengan manusia karena berbagai konflik di dalam kehidupan masyarakat.

Sehingga dialog merupakan sebuah percakapan lisan atau tertulis  antara dua orang atau lebih, antara dua organisasi atau lebih dan antara dua negara atau lebih secara bebas membuka pintu untuk penyelesaian konflik demi pembangunan kemanusiaan yang bermartabat.

Hal seperti ini akan nyata melalui pertemuan-pertemuan, pertemuan antar manusia ke manusia yang lain di dalam suatu forum, organisasi, konferensi yang dimana saling berelasi serta saling umpan balik  dalam menyampaikan keprihatinan kedua belah pihak satu sama lainnya untuk mencapai pembangunan nilai kemanusia secara bermartabat  karena konflik dalam hidup.Dialog adalah Pintu Penyelesaian KonflikKonflik demi konflik selalu terjadi karena tidak ada dialog di bangsa Indonesia yang tercinta ini.

Misalnya kita semua tahu bahwa konflik yang sampai saat ini belum ada titik terang yaitu konflik antara pemerintah Indonesia yang mengatakan NKRI Harga Mati dan dari Organisasi Papua Merdeka (OPM) mengatakan Papua Harga Mati.

Dari NKRI (Negara Kemerdekaan Republik Indonesia) maupun OPM (Organisasi Papua Merdeka) tidak ada harga hidup untuk nilai kemanusiaan. Tetapi dari kedua-duanya banyak menciptakan konflik, kekerasan, pengorbanan, penindasan bahkan sampai penghabisan nyawa manusia yang tak berdosa.

Selain itu pula kita tahu konflik yang terus-menerus terjadi di bangsa Indonesia adalah terhadap kaum perempuan. Kaum perempuan dinomorduakan dalam kalangan pemerintahan, kelembagaan, kemasyarakatan bahkan sampai di dalam organisasi-organisasi kecil di berbagai pelosok Indonesia dan lainnya.

Maka untuk menyelesaikan konflik itu presiden republik Indonesia menegaskan bahwa untuk menyelesaikan suatu konflik baik di Papua maupun daerah lainnya harus melalui dialog. Ungkapan ini sudah dinyatakan di publik oleh presiden Susilo Bambang Yudhoyono bahwa; Konflik di tanah Papua dan daerah lainnya harus diselesaikan secara damai dengan mengutamakan dialog dan persuasi (dalam pidato kenegaraan tahun 2005). Karena dialog itu sebagai pintu masuk penyelesaian berbagai konflik yang tidak ada titik terang sampai saat ini. Selain itu pula seorang tokoh pejuang dialog, dialog Jakarta-Papua demi pembangunan nilai kemanusiaan yang bermartabat yaitu Dr. Neles Kebadabi Tebay.

Ia menegaskan bahwa; Dialog ada harga hidup dan dialog tidak membunuh siapa-siapa (manusia) tetapi dialog membuka pintu atau jalan dari konflik untuk perdamaian (saat peluncuran buku tentang Angkat Penah Demi Dialog Damai di Papua tahun 2013). Sehingga dialog itu sebagai pintu masuk pembangunan manusia demi kedamaian sambil mengembangkan semangat kesetiakawanan dalam dialog dan kerja sama antar agama, golongan, organisasi, pemerintahan dan masyarakat serta membangun dialog berkelanjutan secara sepenuh hati untuk kemanusiaan.

Dialog Membangun Kemanusiaan yang BermartabatDialog pada dasarnya adalah pintu masuknya pembangunan kemanusiaan secara bermartabat demi kedamaian. Kedamaian tercipta karena kita membangun nilai kemanusiaannya. Manusia yang bisa mengerti dan memahami manusia sebagai manusia.

Sebab manusia adalah Homo Intelektual (manusia intelektual)  dan Homo Spiritual (manusia rohani) yang tidak bisa disamakan dengan binatang, tumbuhan dan benda untuk dibunuhabiskan oleh siapa pun.

Siapa pun memiliki akal budi untuk dapat mengerti dan dapat membedakan apa dibalik binatang, tumbuhan dan benda. Sedangkan manusia yang memiliki kerohanian berarti siapa pun dia laki-laki atau perempuan, miskin atau kaya, rakyat atau pemerintah yang hidup di bangsa Indonesia dan di mana-mana diciptakan oleh Allah untuk saling menghormati, saling menghargai martabat mansuia dan membangun kemanusian itu sendiri bukan untuk kepentingan pribadi dan bukan untuk menciptakan konflik horizontal (konflik antara manusia dengan manusia) maupun konflik vertikal (konflik antar manusia dengan Allah/Ilahi).

Konflik horizontal maupun konflik vertika tidak ada harga hidup tetapi dialog pasti ada harga hidup untuk membangun manusia yang bermartabat demi perdamaian. Damai berarti orang merasa dan mengalami bahwa sesamaku adalah diriku dan diriku adalah sesamaku serta orang merasa sukacita, bahagia, tenang dan tanpa kekerasan, konflik, pengindiskriminasian, penindasan, pemerkosaan, penganiayaan, pembunuhan dan lainnya di bangsa Indonesia ini.Dengan demikian kita jangan alergi terhadap dialog, sebab dialog adalah pintu masuk pembangunan nilai kemanusian demi kedamaian.

Dengan cara membanguan sosialisasi dialog di setiap wilayah seluruh Indonesia dengan cara menyatukan lalu membangun dialog secara face to face antara rakyat dan pemerintah pusat-Jakarta.

Dalam hal ini presiden sebagai pemimpin negara Republik Indonesia dan pemerintah daerah di seluruh pelosok Indonesia. Supaya menghadirkan suasana yang ikut menyesejahterakan dan merasakan hidup bersama secara bebas, tenang, damai, nyaman untuk mencapai tujuan yang sama yaitu kedamaian melalui dialog damai.

Sehingga sangat penting untuk berdialog di dalam suatu forum, organisasi dan konferensi antar negara untuk melakukan suatu perjanjian atau teks ditulis kedua belah pihak. Jadi hanya melalui dialoglah mengambil keputusan yang sah supaya konflik cepat selesai.Tanpa ada dialog tidak akan ada pembangunan nilai kemanusian yang bermartabat.

 

Artikel ini telah diterbitkan :http://majalahselangkah.com/

Scroll to Top